Pulau Rengit Pegantungan Sudah Ada Listrik PLN, Dulu Hanya Pakai Genset

Pulau Rengit Pegantungan Sudah Ada Listrik PLN, Dulu Hanya Pakai Genset

Peresmian listrik perdesaan Pulau Rengit, Desa Pegantungan, Kecamatan Badau oleh PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (Babel), Kamis (5/1)--

BEITONGEKSPRES.CO.ID, BADAU - Pulau Rengit Desa Pegantungan, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung Kini sudah ada aliran listrik PLN.

Listrik di Pulau Rengit Desa Pegantungan berkat Unit Layanan Pusat Listrik Tenaga Diesel (UL-PLTD) PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung (Babel).

Peresmian listrik perdesaan Pulau Rengit itu ditandai penekanan sirine oleh Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin, Kamis (5/1/2023).

Penekanan sirine peresmian dilakukan bersama Executif Vice President Operasi Distribusi Sumatera-Kalimantan PLN Agung Nugraha, GM Unit Induk Wilayah Babel Ajrun Karim dan Bupati Belitung H Sahani Saleh serta Ketua DPRD Belitung Ansori.

BACA JUGA:Dua OPD Pemkab Belitung Dapat Alat Berat, Hadiah dari Kementerian PUPR Senilai Rp 3 Miliar

Pulau Rengit masuk dalam Desa Pegantungan, Kecamatan Badau ini memiliki luas sekitar 250 Hektar. Ada 146 jiwa dan 43 Kepala Keluarga di pulau ini dengan mata pencaharian utama sebagai nelayan.

Sumber daya dan potensi Pulau Rengit yakni perikanan, pembuatan kapal,  potensi pariwisata pantai dan resort.

Maka masuknya listrik PLN akan mengembangkan sumber daya dan potensi yang ada dan dapat membuka peluang investasi.

Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin mengatakan, masyarakat Pulau Rengit telah kooperatif bersama-sama sudah membangun listrik perdesaan.

BACA JUGA:10 Provinsi Siap-siap, Pelatihan Kartu Prakerja 2023 akan Digelar Offline, Insentif Rp 4,2 Juta

Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Belitung Sahani Saleh beserta jajarannya dan PLN telah mendukung program pemerintah untuk melistriki desa-desa khususnya daerah terluar, terpencil serta terdepan.

"Alhamdulillah hari ini sudah ada penerangan yang lebih banyak. walaupun sebelum ada pembangkit listrik PLN itu, masyarakat sudah mengenal listrik melalui genset," kata Ridwan Djamaluddin.

Menurut Ridwan Djamaluddin, program pemerintah untuk meningkatkan elektrifikasi berjalan baik di Pulau Rengit. Sebab dari 43 KK sudah 41 KK berlangganan listrik perdesaan PLN itu. 

Maka selama 12 jam PLN itu akan beroperasi di Pulau terluar Belitung mulai pukul 18:00 sore dengan daya 200 KVA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: