Kunjungan Wisatawan ke Kota Pangkalpinang Naik, Tahun 2022 Capai Ratusan Ribu

 Kunjungan Wisatawan ke Kota Pangkalpinang Naik, Tahun 2022 Capai Ratusan Ribu

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen)-Ist-

PANGKALPINANG, BELITONGEKSPRES.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang mencatatkan kunjungan wisatawan ke Pangkalpinang meningkat setiap tahunnya. Bahkan, ratusan ribu kunjungan dilakukan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Kota Beribu Senyuman di sepanjang tahun 2022.

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil (Molen) mengatakan, kunjungan wisatawan pada tahun 2022 memang menunjukkan tren positif.

Dimana kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Pangkalpinang mengalami pertumbuhan sebesar 40,32 persen atau sebanyak 273.952 orang. Terdiri dari 859 wisatawan mancanegara dan 273.095 wisatawan nusantara.

"Wisatawan kita mengalami pertumbuhan sebesar 40,32 persen. Setiap tahun kunjungan menunjukkan tren positif di Kota Pangkalpinang," ungkap Maulan Aklil kepada Babel Pos, kemarin.

Menurut Molen, sejak pandemi Covid-19 melanda memang memberikan dampak yang cukup berpengaruh. Terkhusus pada sektor pariwisata di Kota Pangkalpinang. Kejadian ini juga dialami daerah lain, yang mengakibatkan kunjungan wisatawan menurun.

BACA JUGA:Perumdam Tirta Pinang Pastikan Kualitas Air

Meningkatnya kunjungan wisatawan ini tak terlepas dari upaya pemerintah kota yang terus mempersolek Pantai Pasir Padi. Pengembangan destinasi wisata pantai satu-satunya di Kota Pangkalpinang itu sendiri menjadi skala prioritas pada tahun 2022.

Bahkan sampai saat ini kita terus membangun kawasan destinasi wisata alternatif lain. Selain membangun kawasan Pantai Pasir Padi, kami juga terus berupaya membangun tempat-tempat baru untuk berwisata sebagai alternatif,” paparnya.

Mempercantik destinasi wisata begitu terasa imbasnya untuk menarik wisatawan. Selain meningkatkan kunjungan wisatawan dan menyejahterakan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kawasan itu.

Bahkan saat ini terdapat beberapa spot atau titik yang telah disediakan untuk menambah sensasi menikmati hamparan pantai di Pasir Padi Kota Pangkalpinang.

Pemkot juga terus menggenjot pertumbuhan ekonomi, sejak awal tahun 2023 telah mengarahkan segala kegiatan ataupun acara-acara besar ke Pantai Pasir Padi.

BACA JUGA:Bakeuda Kota Pangkalpinang Pastikan TPP ASN Cair Bulan Ini

Tak hanya Festival Pasir Padi saja, melainkan beberapa kegiatan lain yang bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat. Selain itu, pihaknya pula turut memperkenalkan dan branding Pantai Pasir Padi ke sejumlah tamu-tamu dari berbagai daerah yang berkunjung ke Pangkalpinang.

“Yang pasti ayo datang ke Pasir Padi, karena Pasir Padi sudah bermetamorfosis jadi suatu tempat pariwisata boleh dibanggakan,” sebut Wali Kota Pangkalpinang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: