Diakui PKB, Pj Bupati Belitung Tak Bisa Mengelak Soal Kepemilikan KTA, Akankah Yuspian Diusung di Pilkada?

Selasa 06-08-2024,10:52 WIB
Reporter : Ainul Yakin
Editor : Yudiansyah

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Belitung, Yuspian, tidak bisa mengelak lagi mengenai kepemilikan Kartu Tanda Anggota (KTA) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Masyarakat Kabupaten Belitung sempat dihebohkan dengan kabar bahwa Yuspian, Pj Bupati berkepala plontos ini, telah memiliki KTA PKB pekan lalu.

Spekulasi pun berkembang bahwa kepemilikan KTA ini adalah langkah awal agar Yuspian didukung sebagai Calon Bupati Belitung pada Pilkada 2024 mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Belitung, Hj Siti Maghfiroh, membenarkan bahwa Yuspian memang telah menjadi anggota PKB.

BACA JUGA:Pj Bupati Belitung Mundur, DPRD Usulkan 3 Nama Calon Pengganti Yuspian

BACA JUGA:Satres Narkoba Polres Belitung Tangkap Janda Muda Anak 1 Pengedar Sabu, Sang Pacar Nego dengan Polisi

"Benar dia (Yuspian) sudah menjadi anggota PKB Belitung dan telah memiliki KTA," ujar Ira, panggilan akrab Siti Maghfiroh kepada Belitong Ekspres, Senin 5 Agustus 2024.

Lebih lanjut, Ira mengungkapkan bahwa Yuspian sebelumnya pernah mengikuti Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) sebagai Bakal Calon Kepala Daerah (Bacakada).

Kemudian Yuspian didaftarkan secara online akun bernama Yudi Denan untuk mengikuti UKK Bacakada di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB tersebut. 

Pada saat mengikuti UKK, DPP PKB sempat menanyakan status ASN dan keanggotaan partai Yuspian. Apakah Yuspian sudah punya partai atau belum. 

Lantas, Yuspian menjawab masih berstatus Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sudah mengundurkan diri sebagai Pj Bupati Belitung, serta masih menunggu keputusan dari Mendagri.

BACA JUGA:Total Kekayaan Darmawan Prasodjo, Bos PLN Tajir Melintir dengan Segudang Prestasi

BACA JUGA:Negara Kecil di Amerika Tengah Ini Jadi Paling Kaya di Dunia, Kontroversial tapi Berbuah Manis

Namun, Ira menegaskan bahwa meskipun Yuspian telah memiliki KTA PKB, belum tentu partai besutan Muhaimin Iskandar ini akan mencalonkan dia sebagai bakal calon Bupati Belitung di Pilkada 2024.

Sebab, Yuspian harus bersaing dengan beberapa nama lain yang telah mengikuti UKK, termasuk Roni Setiawan, Azwardi Azhar (Away), dan Djoni Alamsyah.

Kategori :