Kisah Sukses UMKM Unici Songket Silungkang, Berkat BRI Produk Warisan Budaya Tembus Pasar Global

Minggu 06-04-2025,17:02 WIB
Reporter : Yudiansyah
Editor : Yudiansyah

JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Unici Songket Silungkang, UMKM asal Sumatera Barat, sukses membuktikan bahwa produk warisan budaya Indonesia mampu bersaing di pasar global. 

Lewat kolaborasi strategis dengan BRI dan pemanfaatan digital marketing, Unici Songket tak hanya berhasil melestarikan warisan budaya tenun tradisional, tetapi juga mencetak omzet hingga puluhan juta rupiah per bulan. Yuk simak kisah suksesnya.

Keindahan kain songket, sebagai warisan budaya Indonesia, terus dilestarikan dan dikembangkan oleh generasi muda, salah satunya seperti di Provinsi Sumatera Barat.

Tak mudah untuk menembus pasar nasional hingga internasional. Berkat ketekunan dan inovasi, Unici Songket tak hanya menjaga tradisi, tetapi juga menciptakan peluang ekonomi bagi para perajin lokal.

BACA JUGA:Inspirasi Wisata Desa Wunut, Desa BRILiaN Bagi-bagi THR Hingga Jaminan Sosial untuk Warga

Songket sendiri telah lama dikenal sebagai simbol kemewahan dan identitas budaya, ditenun dengan teknik yang rumit menggunakan benang emas atau perak. 

Di Silungkang, Sumatera Barat, para perajin tetap setia pada metode tradisional dalam setiap lembar kain yang mereka hasilkan. 

Dari warisan keahlian yang diturunkan dari generasi ke generasi, lahirlah Unici Songket Silungkang—sebuah merek yang didirikan oleh Fitri pada tahun 2019. Bermula dari promosi sederhana melalui media sosial, Unici Songket kini tumbuh pesat berkat penerapan strategi digital dan inovasi dalam bisnis.

Saat pertama kali memasarkan produknya secara online, Fitri mendapatkan respons positif dari pasar. Dukungan ini mendorongnya untuk lebih fokus mengembangkan Unici Songket dengan merekrut para perajin serta membuka toko fisik di Sawahlunto.

BACA JUGA:Produk Minyak Telon Lokal Mendunia, UMKM Binaan BRI Sukses Ekspor ke Mancanegara

Bahkan di tengah tantangan pandemi Covid-19, ia berhasil beradaptasi dengan mengalihkan sekitar 70% penjualannya ke platform digital seperti Facebook dan Instagram.

Memasuki tahun 2023, Unici Songket terus memperluas jangkauan pemasarannya melalui e-commerce dan fitur live selling di TikTok Shop. Berkat strategi tersebut, omzet bulanannya kini stabil di angka Rp 30–50 juta.

Untuk memperluas usahanya, Fitri mulai mengikuti program UMKM EXPO(RT) yang diselenggarakan oleh BRI pada tahun 2023. Melalui berbagai inisiatif pemberdayaan UMKM dari BRI, Fitri merasakan dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan bisnisnya.

Mulai dari peningkatan pemasaran dan penjualan hingga perluasan jaringan usaha. Ia pun bersyukur karena pembinaan dari Bank Rakyat Indonesia telah membantu Unici Songket dalam meningkatkan skala bisnisnya.

BACA JUGA:Konsisten Terapkan Prinsip ESG, BRI Sabet 2 Penghargaan Internasional 2025 dari The Asset Triple A

Kategori :