SINGAPURA, BELITONGEKSPRES.CO.ID - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BBRI terus menunjukkan komitmennya mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia go global.
Kali ini, BRI membawa 20 UMKM binaannya tampil di ajang pameran internasional FHA-Food & Beverage 2025 di Singapura, memamerkan produk unggulan ke pasar dunia dan membukukan potensi transaksi ekspor miliaran rupiah.
Melalui partisipasi dalam Paviliun Indonesia, BBRI menghadirkan beragam produk unggulan UMKM binaan untuk ditampilkan di ajang FHA-Food & Beverage 2025 di Negeri Singa tersebut.
Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi BRI bersama Bank Indonesia, Kementerian Perdagangan RI, serta Kedutaan Besar RI di Singapura sebagai bentuk nyata komitmen dalam membuka akses pasar global bagi UMKM nasional.
BACA JUGA:BRI Konsisten Dukung Layanan Haji, Siapkan Banknotes untuk Biaya Hidup Jemaah Haji 2025
Paviliun Indonesia sukses menarik lebih dari 5.714 pengunjung dan menghasilkan tujuh kontrak ekspor senilai USD 32,2 juta (sekitar Rp542 miliar). Produk yang diminati meliputi kakao, cokelat, madu, bumbu organik, serta berbagai makanan dan minuman lokal. Selain itu, tercatat pula potensi transaksi lanjutan senilai USD 11,5 juta atau setara Rp194 miliar.
Pembukaan Paviliun Indonesia dilakukan secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo, bersama perwakilan Bank Indonesia dan BRI, serta CEO Informa Markets selaku penyelenggara FHA 2025. Dalam sambutannya, Dubes Suryo menekankan pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk memperkuat daya saing produk Indonesia di kancah global.
“Partisipasi Indonesia pada Pameran FHA 2025 ini adalah kolaborasi yang membanggakan antara Pemerintah, Perbankan BUMN, Bank Indonesia hingga swasta, menggarisbawahi pentingnya upaya kolaboratif dalam mempromosikan ekspor produk Indonesia,” ujarnya.
Sementara itu, General Manager BRI Kantor Cabang Luar Negeri di Singapura, Dhanny, menegaskan bahwa BRI memiliki komitmen kuat dalam mendorong pelaku UMKM Indonesia agar mampu menembus pasar internasional.
BACA JUGA:Dirut BRI Hery Gunardi Terpilih Sebagai Ketua Umum PERBANAS 2024–2028
“Sebagai perbankan yang fokus pada sektor UMKM, BRI terus berupaya mendukung kemajuan pelaku usaha lokal. Harapannya, UMKM tak hanya berkembang di dalam negeri, tapi juga mampu bersaing di pasar ekspor global,” katanya.
Sebanyak 20 UMKM binaan BRI ikut ambil bagian dalam Paviliun Indonesia untuk memamerkan produk unggulan mereka ke pasar global. Beberapa di antaranya adalah Havilla Tea dengan teh herbal premium, Restu Mande yang mengusung bumbu instan berbasis resep tradisional.
Kemudian, BeeMa Honey dengan madu murni tanpa campuran, hingga Casa Grata yang menawarkan camilan sehat bebas gluten dan ramah vegan. Keikutsertaan mereka menunjukkan bahwa UMKM binaan BRI telah siap bersaing di pasar ekspor melalui peningkatan kualitas dan daya saing produk.
Dhanny juga menambahkan bahwa seluruh UMKM yang dibawa ke FHA 2025 merupakan peserta BRI UMKM EXPO(RT) yang sebelumnya digelar pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025.
BACA JUGA:BRI Siapkan Rp3 Triliun untuk Buyback Saham, Dorong Kinerja Jangka Panjang dan Kepercayaan Investor