Kini ToRi Coffee telah memiliki pelanggan dari berbagai negara, termasuk Australia, Prancis, Jepang, dan Belanda. Meski ekspor masih dilakukan dalam skala terbatas, minat terhadap kopi Toraja terus menunjukkan tren positif.
BACA JUGA:Dorong Sektor Produksi, BRI Telah Salurkan KUR Rp69,8 Triliun ke 8,3 Juta Debitur UMKM
“Untuk pasar luar negeri, umumnya pemesanan dilakukan untuk kebutuhan menu khusus di coffee shop atau konsumsi pribadi. Minimal pembeliannya lima kilogram dan bersifat berkelanjutan,” ungkap Citra.
Citra juga mengungkapkan bahwa jalan ToRi Coffee menuju pasar global semakin terbuka lebar usai meraih penghargaan Best Newcomer dalam ajang BRI UMKM EXPO(RT) 2025 yang digelar pada Januari 2025.
Penghargaan ini diberikan kepada pelaku UMKM yang dinilai siap menembus pasar ekspor meskipun belum memiliki pengalaman ekspor sebelumnya.
Melalui kategori tersebut, peserta terpilih diberi kesempatan mengikuti business matching hingga berpotensi mendapatkan kesepakatan bisnis langsung dari pembeli internasional.
Berkat pencapaian itu, BRI pun merekomendasikan ToRi Coffee untuk mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi FHA Food & Beverage 2025 yang berlangsung di Singapura pada 8–11 April 2025.
“Selama pameran FHA berlangsung, kami dihubungi oleh calon mitra potensial dari Singapura yang tertarik untuk memasok biji kopi Toraja ke jaringan coffee shop mereka,” ungkap Citra.
Namun, Citra menegaskan bahwa keberhasilannya mengikuti berbagai pameran berskala nasional hingga internasional bukanlah pencapaian instan. Semua itu merupakan hasil dari proses panjang dan komitmen kuat yang dijalani ToRi Coffee bersama dukungan strategis dari BBRI.
Perjalanan tersebut bermula ketika Citra dan sang suami memutuskan untuk mengembangkan bisnis kopi mereka secara lebih serius dengan mengakses fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI.
Langkah ini menjadi pintu masuk keterlibatan mereka sebagai nasabah aktif, yang kemudian mempertemukan mereka dengan berbagai program pembinaan dan pendampingan usaha.
Salah satu tonggak penting dalam proses tersebut adalah ketika Citra terpilih sebagai wakil Sulawesi Selatan dalam ajang Pengusaha Muda BRILiaN 2022, hingga ke tingkat nasional.
BACA JUGA:Labuna Bukukan Prestasi Bersama BRI, UMKM Rempah Lokal Kian Mendunia
Dari 21 pengusaha muda terbaik yang terpilih, Citra menjadi salah satu yang mendapatkan pendampingan intensif untuk memperkuat pondasi bisnis ToRi Coffee.
“Berkat pendampingan dari BRI, usaha kami naik kelas. Kami berkesempatan mengikuti berbagai expo yang secara langsung meningkatkan pemasaran produk. Kami juga mendapat akses ke e-commerce serta pelatihan terkait perencanaan bisnis, branding, hingga digital marketing,” ujar Citra.