Minat Pendidikan di Ponpes Daarul Arofah Cukup Tinggi

Minat Pendidikan di Ponpes Daarul Arofah Cukup Tinggi

SIJUK - Antusias masyarakat Belitung untuk memasukkan anaknya menempuh pendidikan di pesantren cukup tinggi. Hal itu terbukti, saat Pondok Pesantren Daarul Arofah Sijuk, membuka pendaftaran Santri dan santriyah, diikuti ratusan peserta.

Pengasuh Pesantren Daarul Arofah Heikal Fackar (Gus Haikal) mengatakan, pendaftaran santri baru tahun ajaran 2021-2022 dibuka sejak Mei 2021 lalu. Namun, hingga menjelang akhir Juni 2021 banyak peserta yang daftar.

"Karena banyak yang daftar, hari ini kita tutup pendaftaran. Sebab, kuota yang kita berikan sudah full (penuh)," kata Gus Haikal Jebolan Universitas Al Azhar, Kairo Mesir, kepada Belitong Ekspres, Senin (28/6) kemarin.

Dia menjelaskan, beberapa waktu lalu pihak pesantren melakukan tes kepada calon santri yang mendaftar. Dari ratusan pendaftaran, hanya 100 orang yang diterima. "100 orang meliputi 60 untuk santri dan santriyah MTS (SMP) dan 40 orang untuk tingkat MA (SMA). Kami juga tidak menerima pindahan santri dari tempat lain. Kecuali mau mengulang dari awal," jelasnya.

Gus Haikal menambahkan, menempuh pendidikan di pesantren memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya, ilmu pengetahuan tentang Islam. Sebab selain ada mata pelajaran umum, mereka juga dibekali ilmu kitab.

"Hampir setiap hari setelah sekolah mereka mengaji. Menghafal Al-Qur'an. Dan juga belajar kitab kuning. Lulusan pesantren juga banyak yang diterima di universitas ternama di Indonesia. Selain itu, sebagian dari santri kita juga ada yang kuliah di Al Azhar Kairo Mesir," pungkasnya. (kin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: