Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Penuh, Ini yang Dilakukan RSUD Belitung

Ruang Isolasi Pasien Covid-19 Penuh, Ini yang Dilakukan RSUD Belitung

TANJUNGPANDAN - Melonjaknya kasus Corona di Kabupaten Belitung membuat kapasitas ruang untuk perawatan pasien Covid-19 di RSUD dr H Marsidi Judono penuh. Semua ruangan isolasi A, B, C dan D sudah terisi sebanyak 54 pasien Covid-19.

"Full pak, baru 4 hari buka isolasi D, dan sekarang sudah full 54 bed, ada 2 pasien sedang antri menunggu ruangan," kata Direktur RSUD dr H Marsidi Judono, dr Hendra, Sp.An kepada Belitong Ekspres, Minggu (11/7) tadi malam.

Oleh karena itu, pihak RSUD membuka dua ruangan isolasi baru untuk menampung pasien Covid-19 bila terjadi lonjakan kasus. Saat ini, ruang isolasi A sudah terpakai 6 bed, ruang isolasi B 16 bed, ruang isolasi C 16 bed dan ruang isolasi D 16 bed.

"Pasien 54 tambah 2 yang baru, totalnya 56 orang," terang dr Hendra.

Menurut dr Hendra, penambahan 2 ruangan isolasi baru sesuai keputusan rapat manajemen RSUD. Mulai tadi malam, pihak manajemen membuka isolasi E dan F, sebagai kebijakan antisipasi melonjaknya pasien yang datang ke RSUD dr H Marsidi Judono.

"Kapasitas sementara 54, jadi kami buka isolasi E dan F yang berada di gedung A. Yaitu ruangan Keremunting (isolasi E) dan Rukam (isolasi F), dengan kapasitas masing-masing 16 tempat tidur. Sehingga 54 ditambah 32, semua totalnya 86 tempat tidur," jelasnya.

Kemudian kata dia, mereka juga membuka bangsal khusus untuk triase atau pemeriksaan awal pasien sebelum ditransfer ke ruangan-ruangan isolasi. Loby B gedung B akan difungsikan sebagai bangsal IGD khusus Covid-19.

Sementara itu berdasarkan update data di website https://covid19.belitung.go.id/, pasien positif Covid-19 aktif saat ini berjumlah 460 orang. Data tersebut diupdate Dinas Kesehatan Belitung, pada Minggu 11 Juli 2021 hingga pukul 14:50 WIB. (dod)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: