Suksesnya G20 Belitung akan Angkat Martabat Bangsa di Mata Dunia

Suksesnya G20 Belitung akan Angkat Martabat Bangsa di Mata Dunia

Rapat bersama persiapan Pulau Belitung sebagai tuan rumah G20 di Fairfield by Marriott Hotel, Jumat (10/6)-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN – Suksesnya penyelenggaraan pertemuan tingkat menteri pembangunan G20 di Belitung tentunya akan mengangkat martabat bangsa Indonesia di mata dunia.

Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Bangka Belitung (Babel) Ridwan Djamaluddin saat rapat bersama persiapan Pulau Belitung sebagai tuan rumah G20 di Fairfield by Marriott Hotel, Jumat (10/6).

Progres kesiapan Pulau Belitung sebagai tuan rumah Development Working Group (DWG) G20 (Group of Twenty) pada 7-9 September 2022 mendatang, mengarah keperkembangan yang positif. Itu berdasarkan hasil rapat bersama tersebut.

“Keberhasilan kita dalam penyelenggaraan G20 ini akan menaikkan harga diri, dan martabat bangsa ini, sehingga dalam pelaksanannya nanti kita akan terhormat, baik bagi Indonesia maupun bagi Bangka Belitung, khususnya Belitung. Kita fokusnya ke sana, fokusnya kita melayani tamu kita sebaik-baiknya. Kita kawal sama-sama, fokuskan pada tujuan,” kata Ridwan dilansir babelprov.go.id.

 

Adapun rapat ini melibatkan berbagai stakeholder terkait diantaranya Pemerintah Provinsi Babel (Pemprov Babel), Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi, dan Kabupaten, juga instansi dan perusahaan yang menjadi mitra.

Pj Gubernur Babel mengungkapkan dalam rapat pembahasan pelaksanaan G20 Presidensi Indonesia, serta Event Organizer (EO) G20, juga dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Babel Naziarto, dan Bupati Belitung Sahani Saleh. “Kesuksesan Pulau Belitung menjadi tuan rumah G20 akan menjadi penilaian vital di mata dunia,” katanya.

Segala perkembangan maupun kendala dipaparkan setiap pihak sesuai peranannya. Sektor keamanan oleh TNI/Polri, kesehatan melalui Dinas Kesehatan, ketersediaan internet oleh Kementerian dan Dinas Kominfo Babel, kelistrikan dari PT PLN, juga ketersediaan bahan bakar dari Pertamina, serta transportasi, baik darat, laut, dan udara, tidak luput dalam pembahasan dalam rapat itu.

“Pertama, mereka langsung memaparkan rencana kegiatan secara mendetail, sehingga kami di Pemerintah Provinsi dan Kabupaten sudah tahu persis apa yang dilakukan. Kedua, ada beberapa birokrasi yang harus diselesaikan mengenai pembangunan infrastruktur, dan pembiayaannya,” ujar Pj Gubernur Babel.

Menurutnya, rencana-rencana pemenuhan infrastruktur sudah terpetakan dengan baik, sehingga pihaknya akan segera menindaklanjuti masukan-masukan yang ada. Seperti jalan, ruang VIP bandara, dan beberapa lokasi lainnya, juga hal-hal yang menjadi tupoksi dari Pemprov Babel untuk menyukseskan G20 nanti.

“Hal ketiga yang penting adalah soal pengamanan, karena ini akan datang lebih dari 120 delegasi, plus dari dalam negerinya. Sehingga kita harus menyiapkan juga pengamanan yang memadai, dan juga mengantisipasi kemungkinan Pak Presiden kalau berkenan hadir,” tukasnya.

Kemudian, yang tak kalah penting bagi Ridwan yakni kesiapan masyarakat Pulau Belitung. Masyarakat harus disiapkan untuk menyambut para delegasi luar negeri, baik sebagai tour guide, atau pun memaksimalkan potensi-potensi UMKM untuk menjalankan roda perekonomian di Pulau Belitung.

“Terakhir, setelah ini kita akan menindaklanjuti surat-menyurat dari Pemprov kepada kementerian dan lembaga terkait seperti usulan revisi Perpres ke Kementerian PUPR,” tandanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: