Percasi Belitung Gelar Turnamen Catur Sambut HJKT, Pendaftaran Gratis

Percasi Belitung Gelar Turnamen Catur Sambut HJKT, Pendaftaran Gratis

Ilustrasi cara bermain olahraga Catur bagi kesehatan otak-Istimewa-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN -  Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Belitung akan menggelar Turnamen Catur untuk menyambut Hari Jadi Kota Tanjungpandan (HJKT) ke 184. 

Ketua Pelaksana Turnamen Catur Percasi Belitung Ruslianto mengatakan, turnamen ini selain memberikan wadah atlet dan juga menciptakan bibit pecatur di Belitung. 

Pertandingan catur itu rencananya bakal berlangsung pada tangga 23 hingga 25 Juni 2022, bertempat di Rumah Makan SW Tanjungpandan. Biaya pendaftaran peserta tidak dipungut biaya alias gratis.

"Untuk peserta dari tingkat SD, SMP, SMA dan Umum. Tapi untuk umum ada batasan usia, maksimal 35. Jadi ada 8 nomer nanti putra dan putri," kata Ruslianto kepada Belitong Ekspres, Jumat (17/6).

Menurut Ruslianto, turnamen catur itu juga untuk menjaring atlet-atlet tingkat baru. Sebab kepengurusan baru Percasi untuk periode 2022-2026 baru saja terbentuk. Tentunya ini langkah awal untuk memberikan wadah kepada atlet Catur Belitung. 

"Jadi kita coba langkah awal untuk pemasalan baik tingkat SD, SMP, SMA dan Umum yang katagori mereka ini belum ikut turnamen sebelumnya," terangnya. 

Ia juga menegaskan, turnamen kali ini bukan untuk penjaringan atlet Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Babel 2023. Pasalnya, untuk atlet Porprov yang akan turun merupakan atlet profesional. 

"Pendaftaran gratis, kita murni biaya kas dari Percasi Belitung karena sponsor kita kelihatannya belum ada," sebutnya.

Kemudian Ruslianto menambahkan, pemenang dari turnamen ini ada 8 kategori atau nomer. Masing-masing pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan. 

"Kami mengingatkan, untuk seluruh peserta wajib membawa papan catur sendiri. Untuk hadiah total Rp 14,5 juta, 1,2,3 putra putri tingkat SD, SMP, SMA dan Umum," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: