Dukung Komoditi Pangan di Pulau Belitung, Kodim Tanam Singkong Kasesa

Dukung Komoditi Pangan di Pulau Belitung, Kodim Tanam Singkong Kasesa

Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Hairil Achmad saat melakukan penanaman singkong kasesa di Desa Air Kelik, Kecamatan Damar, Kabupaten Beltim-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, DAMAR - Guna mendukung ketersediaan dan ketahanan komoditi pangan di Pulau Belitung, Kodim 0414 Belitung tanam singkong karesa.

Singkong kasesa ditanam di lahan kosong Desa Air Kelik, Kecamatan Damar Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Senin (18/7). Ubi kasesa merupakan bahan baku pembuatan tepung tapioka.

Penanaman perdana singkong kasesa di wilayah tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0414 Belitung Letkol Inf Hairil Achmad bersama unsur Forkopimda.

Sebelumnya, Dandim Belitung bersama Forkopimda mengikuti launching Ketahanan pangan yang dilaksanakan Kasad TNI Jenderal Dudung Abdurrahman secara virtual dari Provinsi Jambi.

BACA JUGA:Orang Tua Siswa SD Negeri 17 Sijuk Kecewa Berat, Anak Tidak Naik Kelas, Dindikbud Lakukan Mediasi

Ditemui di sela-sela penanaman singkong kasesa, Letkol Hairil menjelaskan ketahanan pangan merupakan program dari Kasad TNI. Tujuannya untuk menggarap lahan tidur agar dimanfaatkan dan bisa menghasilkan.

"Sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat baik itu dari segi ekonomi. Dan diharapkan dapat menunjung kesejahteraan masyarakat khusus yang disini untuk wilayah Belitung dan Belitung Timur," ujar Letkol Inf Hairil.

Luasan area yang akan ditanami di Desa Air Kelik, untuk sementara pencanangan seluas 2 hektar dari target luasan 22 hektar lahan yang ada. Nantinya perluasan tanaman singkong kasesa akan kelola secara bertahap.

BACA JUGA:Hellyana Dorong Kemajuan Pariwisata Belitung, Sosialisasikan Perda Kepariwistaan

Tak hanya lahan di Desa Air Kelik, lahan milik TNI AD di wilayah Beltim mencapai 60 hektar di beberapa lokasi lain. Itupun masuk dalam rencana penanaman pangan untuk komoditi lainnya.

Sementara itu mewakili Bupati Beltim, Asisten III Setda Haryoso yang juga hadir dalam giat tersebut menyampaikan bahwa program ketahanan pangan sejalan dengan program "Yuk Ke Ume". 

Program Pemerintah Kabupaten Beltim "Yuk Ke Ume" mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya sebagai tempat bertanam.

BACA JUGA:Inilah Identitas Pelaku Pembunuhan Janda di THM Belitung, Duda 3 Kali Nikah

BACA JUGA:Satlantas Polres Belitung Warning Pengguna Skuter di Tanjungpandan, Bandel Ditindak Tegas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: