Diskominfo Belitung Dorong Efisiensi Layanan, dengan Bimtek Sertifikasi Elektronik

Diskominfo Belitung Dorong Efisiensi Layanan, dengan Bimtek Sertifikasi Elektronik

Suasana sosialiasi dan Bimtek penerapan elektronik, bertempat di Ruang Rapat Bupati Belitung, Senin (18/7)-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belitung menyelenggarakan sosialiasi dan bimbingan teknis (Bimtek) penerapan layanan sertifikasi elektronik.

Kegiatan bertempat di ruang Rapat Bupati Belitung, Senin (18/7), bekerja sama dengan Balai Sertifikasi Elektronik (BSRE) dan mengundang seluruh OPD.

Bimtek diselenggarakan guna memberikan pemahaman terkait pemanfaatan kepada pengguna dan calon pengguna layanan sertifikat elektronik di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung. 

BACA JUGA:Bunuh Janda Muda Asal Garut, Duda Belitung Terancam 20 Tahun Penjara

"Saat ini sudah ada 23 sertifikat elektronik yang sudah diterbitkan di Kabupaten Belitung," kata  kata Kepala Bidang Keamanan Informasi, Persandian dan Statistik, Diskominfo Belitung Layla Asyifani.

Sementara itu, selaku perwakilan BSRE Mangala Informatika Ahli Pertama, Frega Arvela menyebut, dengan penerapan sertifikat elektronik, instansi mampu mewujudkan efisiensi di berbagai layanan pemerintahan. 

"Sebagai contoh, pejabat pemerintah pada instansi terkait dapat memberikan persetujuan dan validasi melalui tanda tangan elektronik, tanpa terbatas ruang dan waktu," terang Frega.

BACA JUGA:Pemkab Matangkan Persiapkan G20 Belitung, Sanem: Isu Pembatalan Karena Orang Tidak Senang

Selain itu kata Frega, penerapan sertifikat elektronik juga mampu menekan anggaran yang dikeluarkan oleh instansi. Serta dapat mendukung upaya green office karena meminimalisir penggunaan kertas. 

Bupati Belitung, H Sahani Saleh menyambut baik adanya sosialisasi dan Bimtek ini. Kegiatan ini dinilai sejalan dengan upaya Pemkab dalam upaya mewujudkan Belitung sebagai smart city. 

"Terutama karena kita memasuki era 4.0 maka digitalisasi layanan pemerintah juga harus dipermudah dengan adanya sertifikat elektronik ini," kata Bupati Belitung.

BACA JUGA:Kejuaraan Gubernur Cup, PRSI Belitung Raih 5 Medali Emas, 4 Perak dan 4 Perunggu

BACA JUGA:Iwan Virgiawan Terdakwa Tipikor Dinkes Babel, Uang Miliaran Dimakan Sendiri?

Ia berharap, seluruh OPD di Belitung dapat menerapkan layanan sertifikat elektronik. Itu sebagai upaya mempercepat layanan pemerintahan kepada masyarakat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: