Inovasi Layanan 'Jebong Tunu' Puskesmas Manggar, Turun Langsung ke Desa-desa

Inovasi Layanan 'Jebong Tunu' Puskesmas Manggar, Turun Langsung ke Desa-desa

Inovasi layanan 'Jebong Tunu' resmi diluncurkan UPT Puskesmas Manggar, Kabupaten Beltim--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Inovasi layanan 'Jebong Tunu' resmi diluncurkan UPT Puskesmas Manggar, Kabupaten Belitung Timur (Beltim).

Jebong Tunu singkatan dari Jemput bola bang kampong integrasi pelayanan UKM, UKBM (pelayanan kesehatan masyarakat) dan UKP (pelayanan klinis).

Dengan Inovasi 'Jebong Tuju' UPT Puskesmas Manggar, untuk layanan Dokter, Apoteker, Analis, Laboratorium turun langsung ke desa-desa di wilayah Kabupaten Beltim.

Kepala UPT Puskesmas Manggar Faradela mengungkapkan, saat di masyarakat ada UKBM. Yakni, pelayanan kesehatan  masyarakat di Posyandu dan Posbindu. 

BACA JUGA:Peluang Bagi Siswa SMA/SMK, KONI Beltim Cari Penerima Beasiswa Atlet Berprestasi

BACA JUGA:LAM Gelar D'oa Selamat Kampong untuk Kesuksesan Perhelatan G20 Belitung

Pelayanan klinis itu berupa pemeriksaan dokter, pemberian obat, pemeriksaan laboratorium dan rujukan terhadap masyarakat.

"Selama ini kan itu ndak bergabung, kalo nak dapat pelayanan klinis harus ke Puskes. Nah, sekarang Puskes-nye kamek bawa ke lapangan,” ungkap Faradela belum lama ini.

Faradela menjelaskan, layanan 'Jebong Tunu' dimulai sejak awal Agustus 2022 dan baru dilaksanakan di Desa Kelubi dan Bentaian Kecamatan Manggar.

Layanan di dua tersebut menyasar ke seluruh masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan akses ke Puskesmas terutama para lansia. 

BACA JUGA:Kasus Pembunuhan di THM Belitung Kembali Terjadi, Pria Beristri Tewas Dikeroyok di Parkiran SL Tanjungpandan

BACA JUGA:Pemdes Badau Gotong Royong Bersihkan Sampah, Pasang Spanduk Jelang G20 Belitung

“Targetnya kami menjangkau masyarakat yang jauh. Kayak Kelubi dan Bentaian itu kan banyak pasien yang hipertensi, sakit gula, nenek-nenek, kakek-kakek itu kami tuh ngasin ngeliatnye. Itu yang jadi fokus kami dulu,” jelasnya.

Faradela menambahkan, Jebong Tunu adalah integrasi dari Program Yuk Gi Nyelik Pasien yang merupakan program Bupati dan Wakil Bupati Beltim dalam bidang kesehatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo beltim