UMKM Belitung Kembali Bergairah, Berkat Event Nasional Tour of Kemala Belitong 2022

UMKM Belitung Kembali Bergairah, Berkat Event Nasional Tour of Kemala Belitong 2022

Tarian khas Belitung menyambut peserta Tour of Kemala Belitong 2022, Sabtu (17/9) akhir pekan lalu--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, SIJUK - Event nasional sepeda Tour of Kemala Belitong 2022, kembali membangkitkan gairah pariwisata Belitung di Negeri Laskar Pelangi. Khususnya bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Pasalnya, dengan adanya Event sepeda yang digagas oleh Yayasan Kemala Bhayangkari dan Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) banyak wisatawan dan atlet berkunjung ke Belitung.

"Selain ikut bertanding, para atlet juga berwisata ke Belitung," kata Perwakilan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang Daniel Alexander, kepada Belitong Ekspres, Minggu (18/9).

BACA JUGA:Pesepeda Internasional Jajal Belitung, Pembalap Filipina Juara Men Elite Tour 56 Km

"Dalam acara ini mengusung tagline Bersinergi untuk Negeri, menjadi inspirasi baru untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia sekaligus membangkitkan aktivitas perekonomian pelaku UMKM lokal dan menjadi wadah bagi kegiatan bakti sosial," sambungnya.

Daniel menjelaskan Negeri Laskar Pelangi dipilih sebagai tempat event Tour of Kemala Belitong 2022 untuk mendukung pulihnya perekonomian Pariwisata Belitung, pasca Pandemi Covid-19.

Apalagi para atlet selama di Belitung, mereka menginap di Kampung Kecit KEK Pariwisata Tanjung Kelayang yang sebelumnya menjadi lokasi pertemuan Tingkat Menteri Pembangunan G20. 

BACA JUGA:Kejati Babel Garap Dua Kasus Tipikor, Sudah Enam Tersangka, Kerugian Capai Rp 8 Miliar

"Masyarakat Belitung dan pelaku UMKM lokal menjadi tokoh utama yang diusung dalam Tour of Kemala. Dalam event ini ditargetkan akan berhasil menambah omzet UMKM hingga mencapai ratusan juta" jelasnya.

"Pada saat event ini digelar, ada puluhan UMKM Belitung berjualan di lokasi venue. Mereka menjajakan produk khas Belitung dari berbagai desa hingga kecamatan," pungkas Daniel. 

Sumber: