DPC Astrada Beltim Dukung KIP, Asalkan....

DPC Astrada Beltim Dukung KIP, Asalkan....

Ketua DPC Astrada Beltim, Subandri-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Rencana penambangan timah menggunakan Kapal Isap Produksi (KIP) mitra PT Timah Tbk di perairan laut Kabupaten Belitung Timur (Beltim) harus segera disikapi.

Sebagai Asosiasi Tambang Rakyat Daerah, DPC Astrada Beltim sedari awal mendukung beroperasinya KIP sebagaimana keinginan para pekerja tambang tersebut.

"Astrada Beltim sebagai Asosiasi penambang rakyat yang mewadahi penambang rakyat di Beltim, berkomitmen menyuarakan aspirasi masyarakat penambang," ujar Ketua DPC Astrada Beltim, Subandri Kamis (29/9) kemarin.

Menurut Subandri, dukungan DPC Astrada Beltim terhadap rencana beroperasinya KIP mitra PT Timah tentu bukan tanpa alasan. Ia berpendapat, selama aturan hukum dipenuhi dan mendapat dukungan masyarakat maka penambangan dapat dilakukan.

BACA JUGA:Giliran Ratusan Penambang Bangka Tuntut Pj Gubernur Babel, Pertanyakan Mana WPR?

BACA JUGA:Ribuan Massa Masyarakat Penambang Beltim Tuntut Kejelasan WPR, Ini 6 Poin Tuntutan Mereka

"Aktivitas penambangan oleh KIP tersebut harus melibatkan peran masyarakat setempat dan memberikan kompensasi yang sesuai dan disetujui oleh masyarakat setempat yang terdampak dari aktivitas penambangan tersebut," tegas Subandri.

Ia berharap, penambangan di laut juga mengakomodir kepentingan rakyat penambang agar mendapat legalitas dalam aktivitasnya. Sehingga, perekonomian masyarakat juga ikut bergerak dan kesejahteraan meningkat.

"Astrada Beltim mengharapkan kepada PT Timah Tbk dan pihak terkait agar dapat mengakomodir penambang rakyat menambang secara legal di laut Beltim sesuai aturan yang berlaku," harap pria yang akrab disapa Jeli itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: