OSN 2022, Indra Ramadhan Catatkan Sejarah Emas untuk Babel

OSN 2022, Indra Ramadhan Catatkan Sejarah Emas untuk Babel

Kiri-kanan: Indra Ramadhan, Sabarudin dan Daffa Nugrah -Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR - Indra Ramadhan, siswa SMAN 1 Manggar Kabupaten Belitung Timur (Beltim) berhasil catatkan sejarah emas pertama olimpiade sains nasional (OSN) 2022 untuk Provinsi kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Ia berhasil mempersembahkan medali emas di bidang Astronomi untuk negeri serumpun sebalai. Kebanggaan SMAN 1 Manggar tidak hanya berhenti sampai di situ. Daffa Nugrah lewat bidang kebumian juga berhasil memboyong medali perunggu. 

Capaian Indra dan Daffa bukanlah sesuatu yang mudah. Mereka berdua harus melalui seleksi ketat tingkat sekolah, kabupaten/kota, dan provinsi untuk dapat bertarung di ajang OSN 2022.

Mereka berdua setidaknya harus menyisihkan ratusan ribu peserta lainnya dari 34 provinsi di Indonesia dalam ajang yang bertemakan “Sains Pulihkan Negeri” tersebut. 

BACA JUGA:Tim Basket SMAN 1 Manggar Juara Turnamen PERBASI Beltim

Seperti yang diketahui, OSN tahun 2022 OSN Terdapat sembilan bidang lomba di OSN tahun ini yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Tidak tanggung-tanggung dari 230.562 peserta tingkat SMA/MA, mereka dapat menjadi medalist. Mereka kemudian diseleksi kembali menjadi 19.650 peserta untuk bersaing di OSN-P. Dari 19.650 peserta diseleksi kembali menjadi 900 peserta untuk mengikuti OSN.

Tidak hanya sebatas medalis, Indra Ramadhan juga berhasil mendapatkan penghargaan khusus. Bukan hanya satu penghargaan, dua penghargaan diborong oleh siswa kelas XII ini. Ia berhasil menjadi ronde observasi terbaik dan ronde teori terbaik. Hal ini membuktikan Indra benar-benar menampilkan performance terbaik di OSN Astronomi tahun ini. 

“Saya benar-benar gak menyangka dapat menjadi medalis peraih emas di bidang astronomi. Sampai sekarang tangan saya masih gemetar karena saya benar-benar tidak menyangka dapat mempersembahkan medali ini," ucap Indra.

BACA JUGA:Dari Belitung Menuju Jawa, SMAN 1 Manggar Studi Tur Buka Wawasan Siswa

“Tentu tidak ada kata yang paling bisa di ungkapkan selain Alhamdulillah dan syukur yang mendalam kepada Allah yang maha kuasa," ungkap Indra. 

Ucapan syukur yang sama juga disampaikan oleh Daffa Nugrah. “Syukur Alhamdulillah tak henti-hentinya saya ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya sembari menambahkan bahwa hasil yang didapatkan kali ini adalah buah perjuangan yang tidak mudah. 

“Iya yang pasti setelah kurang lebih satu tahun berjuang didunia OSN akhirnya saya bisa menyumbang medali untuk provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercinta. Pastinya ini merupakan sebuah kebanggaan, buah dari sebuah perjuangan. Dan mungkin adalah sebuah “balas dendam” untuk perjuangan di tahun kemarin yang belum berhasil," tegasnya.

Seperti halnya Daffa, Indra juga “membalas dendam” di tahun ini. “Setuju sekali dengan Daffa karena memang tahun kemarin saya belum berhasil menjadi medalis di tingkat nasional. Jadi yah sempat sedikit kecewa namun hal tersebutlah yang membuat saya bangkit dan terus belajar agar lebih baik. Dan hal tersebut Alhamdulillah sekarang berbuah manis," ungkap Indra. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar