LAMBEL Kunjungan ke Galery Sepiak Belitong

LAMBEL Kunjungan ke Galery Sepiak Belitong

LAMBEL saat melakukan kunjungan ke Galery Sepiak Belitong --

BELITONGEKSPRES.CO.ID, SIJUK - Lembaga Adat Melayu Belitung (LAMBEL) lakukan kunjungan ke Galery Sepiak Belitong di Jalan Tanjung Kelayang Desa Batu Itam, Selasa (18/10).

Adapun kunjungan tersebut dalam rangka kegiatan silaturahmi terkait pengembangan usaha dari galery Sepiak Belitong. Di galery tersebut rombongan LAMBEL sempat melihat berbagai batik dengan berbagai motif yang diperjualbelikan.

Ketua LAMBEL Abdul Hadi Adjin didampingi Sekretaris Ismail Mihad dan Ketua LAM Kecamatan Sijuk Usman dan Sahrani, dari diterima langsung oleh pengelola Sepiak Belitong Bella.

Abdul Hadi Adjin mengapresiasi atas upaya Sepiak Belitong dalam mengembangkan usaha di samping melestarikan adat dan budaya, serta penciptaan lapangan kerja bagi masyarakat.

BACA JUGA:MW Tewas Ditabrak Kapal, Saat Mancing Bersama Istri di Kali Mambang

BACA JUGA:Dispora Bakal Adakan Gowes Pesona Belitung 2022, Pendaftar Sudah Capai 600 Orang

Banyak motif-motif yang dituangkan dalam sebuah kain antara lain motif Daun Simpor, Keremunting, Rumah Adat, Pelandok, Pelilean, Payong Lilin dan sebagainya yang merupakan khasanah Budaya Belitong.

Ia menambahkan, dalam menentukan motif, Sepiak Belitong seringkali berkonsultasi dengan LAMBEL agar karya yang diciptakan benar benar tersampaikan ke pada masyarakat mengenai khasanah budaya yang perlu terus dilestarikan.

"Sesuai dengan namanya Sepiak yang berasal dari bahasa lokal Belitong yang memiliki arti sebagian, memiliki filosofi berbagi dan bermanfaat untuk sekitar. Proses produksinya juga melibatkan masyarakat sekitar dan anak difabel," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: