Bupati dan Wakil Bupati Beltim Masuk Nominasi IKKD 2022

Bupati dan Wakil Bupati Beltim Masuk Nominasi IKKD 2022

Bupati Beltim Burhanudin-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, MANGGAR – Bupati dan Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim) masuk nominasi di Indonesia dalam Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah (IKKD) 2022.

IKKD adalah satuan ukuran yang ditetapkan berdasarkan seperangkat variabel, dimensi dan indikator untuk melakukan pengukuran dan penilaian terhadap kepemimpinan kepala daerah.

Sebelum diluncurkan 3 November mendatang, Kabupaten Beltim menerima sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 38 Tahun 2022 tentang IKKD.

Pengukuran dan penilaian IKKD akan berdasarkan data dan informasi yang bersumber dari dokumen kinerja pemerintah daerah dan hasil survei kepemimpinan kepala daerah.

Ahli Muda Analis Kebijakan dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri BKSDN Kemendagri Marlon Naibaho mengatakan IKKD merupakan amanat Permendagri Nomor 38 Tahun 2022, di mana aplikasinya akan diluncurkan pada 3 November mendatang.

BACA JUGA:Dua Tersangka Tipikor SMPN 8 Tanjungpandan Ditahan Jaksa, Konsultan dan Mantan PPK Dindikbud Belitung

“Kita sosialisasi ini sebagai bonus hadiah untuk Kabupaten Belitung Timur, karena daerah-daerah lain belum pernah kita sosialisasikan, dari 548 Provinsi, Kabupaten/Kota masuk jadi yang pertama-tama,” papar Marlon saat Sosialisasi Pemendagri Republik Indonesia Nomor 38 tahun 2020 tentang IKKD di Auditorium Zahari MZ, Selasa 1 November 2022.

Marlon mengatakan selain dari dokumen kinerja pemerintah daerah, penilaian akan dilakukan melalui survei dengan responden yang terdiri dari pejabat di daerah, akedemisi dan tokoh masyarakat.

“Dari kuisioner nanti kita sebar minimal 100 kuisiner. Baik dari akedemisi, ASN, tokoh masyarakat dan kluster lainnya yang akan menilai kepemimpinan kepala daerah,” ujar Marlon.

Jika terpilih sebagai Kepala Daerah Terbaik, Kementerian Dalam Negeri akan bersurat ke Kementerian Keuangan RI untuk memberikan dana insentif bagi keuangan daerah.

BACA JUGA: Ekspansi Aksi Literasi SMAN 1 Manggar Meluas, Berbagi Praktik Baik di SMAN 5 Yogyakarta

“Jika Pak Bupati termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya, sehingga rata-rata kinerjanya 80 persen ke atas akan dapat nilai terbaik. Kalau nominalnya nanti Kementerian Keuangan yang tahu,” kata Marlon.  

 Minta Kerja sama dan Dukungan

Sementara itu Bupati Beltim Burhanudin mengatakan Pengukuran IKKD penting dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik dan efektifitas penyelenggaraan pemerintahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: diskominfo beltim