DPPKBPMD Belitung Dorong Pemdes Optimalkan PADes

DPPKBPMD Belitung Dorong Pemdes Optimalkan PADes

Kepala DPPKBPMD Kabupaten Belitung, Salman Alfarisi--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pembedayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Belitung mendorong Pemerintah Desa (Pemdes) agar mengoptimalkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Kepala DPPKBPMD Kabupaten Belitung, S Alfarisi mengatakan, keinginan dari Pemerintah Daerah Belitung sejak awal adanya Dana Desa (DD) guna menciptakan desa yang mandiri.

Karena itu, pihak DPPKBPMD Kabupaten Belitung terus berupaya mendorong Pemdes agar dapat optimalkan PADes tersebut.

"Peningkatan PADes sangat penting karena keinginan dari pemerintah sejak awal adanya program Dana Desa (DD) untuk menciptakan desa yang tangguh dan mandiri," ujar Alfarisi kepada Belitong Ekspres, Senin (7/11).

BACA JUGA:PPP Babel Buka Pendaftaran Bacaleg 2024, Gratis

Ia menambahkan, dengan tingginya PADes di desa itu sendiri, maka otomatis kesejahteraan pegawainya juga akan bertambah. Dan itu di luar dari Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang didapat.

"Kami juga selalu mengingatkan Pemerintah Desa agar mengoptimalkan BUMDes karena itu juga sangat penting," kata Alfarisi.

Menurutnya, BUMDes yang ideal mampu menjadi poros kehidupan masyarakat desa. Sebab, BUMdes mampu menyerap kapasitas produksi masyarakat dan aksesnya terbuka untuk semua masyarakat Desa dari berbagai elemen.

Lebih lanjut dikatakan Alfarisi, memang ada beberapa Desa di Kabupaten Belitung yang tidak memiliki potensi alam untuk meningkatkan PADes. Namun hal tersebut bukan masalah utamanya.

BACA JUGA:Pasca G20, Yoga Nursiwan Minta Pemprov Babel Fokus Pengembangan Pariwisata Belitung

"Untuk menggenjot PADes tidak mesti tergantung dari potensi alam, akan tetapi banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan PADes. Oleh sebab itu Kepala Desa harus bisa kreatif, inovatif dan berfikir luas," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: