Radmida Jadi Orang Pertama Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

Radmida Jadi Orang Pertama Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

Sekda Kota Pangkalpinang Radmida Jadi Orang Pertama Aktivasi Identitas Kependudukan Digital--

BELITONGEKSPRES.CO.ID, PANGKALPINANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melakukan inovasi aktivasi identitas kependudukan digital. Program Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri ini berupaya memudahkan masyarakat dalam pelayanan publik.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang sendiri mulai melakukan aktivasi untuk seluruh ASN dan non ASN di lingkungan Pemkot Pangkalpinang. Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawam menjadi yang pertama untuk aktivasi identitas kependudukan digital ini.

"Program ini memudahkan kita untuk menyampaikan identitas diri. Tidak perlu susah-susah lagi membawa fisik KTP, tinggal bawa handphone data sudah ada disana," jelas Sekda Radmida usai aktivasi KTP Digital, Selasa (9/8) pagi.

Dia berharap program ini dapat bermanfaat dan diikuti oleh seluruh ASN serta non-ASN di lingkungan Pemkot Pangkalpinang. Dengan perekaman data digital, tak khawatir lagi jika KTP fisik hilang. Masyarakat dapat langsung mencetak ulang dari perekaman data digital tersebut.

"Data terekam di handphone kita, tapi saat ini baru untuk yang handphone android. Kalau kemana-mana kita nggak perlu membawa fisik lagi karena kita sudah membawa data digital," ujarnya.

Sementara, Dukcapil masih melakukan proses aktivasi untuk para ASN dan non-ASN di lingkungan Pemkot Pangkalpinang. Setelah itu akan dibuka ke masyarakat umum melakukan aktivasi di Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang. Sejauh ini, KTP digital sudah bisa digunakan untuk sejumlah pelayanan publik.

"Misal ada perjalanan tinggal tunjukkan ini saja cukup. Untuk sementara aktivasi ke ASN kedepan baru dibuka untuk masyarakat umum," imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Dukcapil Kota Pangkalpinang, Darwin menjelaskan aktivasi akan dilakukan secara berkelanjutan mulai dari ASN dan non-ASN di Kota Pangkalpinang. Aktivasi cukup dengan membawa handphone android dengan OS diatas 7 serta NIK KTP.

"Setelah download aplikasi, aktivasi di kita tapi baru untuk android belum bisa untuk iPhone. Yang ada di aplikasi bukan hanya KTP dan KK tapi berikut anggota keluarga, NPWP serta data daftar pemilih tetap 2024," ungkapnya.

Kedepan, program ini akan terus berlanjut dengan memasukkan identitas kepemilikan kendaraan dan lainnya. Diharapkan seluruh pegawai di lingkungan Pemkot Pangkalpinang dapat segera aktivasi untuk memudahkan mereka dalam pelayanan publik.

"Mulai Agustus seluruh PNS silakan aktivasi disini kemudian baru kita ke masyarakat umum. Kami harap bantuan dari media massa ini dapat disosialisasikan dan mengedukasi masyarakat Kota Pangkalpinang," tuturnya.(tob)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: