Dishub Belitung Catat Baru 4.000 PJU Terpasang, Dari Target 10.870 Titik Sesuai SPM

Dishub Belitung Catat Baru 4.000 PJU Terpasang, Dari Target 10.870 Titik Sesuai SPM

Kepala Bidang Angkutan, Dishub Kabupaten Belitung Oskar Yulanda-Dodi Pratama/BE-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Belitung, mencatat baru 4.000 Penerangan Jalan Umum (PJU) terpasang dari target 10.870 titik sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Kepala Bidang Angkutan, Dishub Belitung Oskar Yulanda mengatakan, target 10.870 titik terpasang untuk semua jalan di Kabupaten Belitung. Baik itu jalan Kabupaten, Provinsi dan Nasional.

"Saat ini yang baru terpenuhi sekitar 4.000 atau sekitar 40 persen dari target SPM itu," kata Kepala Bidang Angkutan, Dishub Belitung Oskar Yulanda kepada Belitong Ekspres, Kamis (13/12) kemarin.

Menurut Oskar, pada tahun 2022 ini ada penambahan pemasangan PJU. Yakni 400 titik berasal dari APBD Kabupaten Belitung, 40 titik PJU Tenaga Surya (TS) dari Kementerian ESDM, 434 PJU dari Balai 7 Palembang Babel Kemenhub RI.

BACA JUGA:500 Jemaah Umrah Belitung Berangkat ke Tanah Suci Sepanjang 2022

Sedangkan total keseluruhan dari Balai 7 Palembang itu sekitar 550 titik di Kabupaten Belitung. "Proses hibah dari Balai 7 Palembang itu baru selesai, nanti pemeliharaannya ada di Pemda Belitung yaitu Dishub Belitung," jelasnya.

Lebih lanjut Oskar mengatkan, PJU yang dihibahkan itu ada di Jalan Badau, Jalan Pegantungan dan Jalan Tanjung Binga hingga Tanjung Kelayang.

"Sedangkan PJU sekitar hotel Santika sama dekat Lor In itu masih aset Balai, dan PJU TS juga belum proses hibah. Mudah-mudahan tahun depan juga sudah proses hibah ke kita," terangnya.

Kemudian pada tahun 2023, Dishub Belitung akan memasang sekitar 200 titik lampu PJU untuk seluruh wilayah Kabupaten Belitung berasal dari APBD.

BACA JUGA:Bea Cukai Tanjungpandan Musnahkan MMEA 'Tak Bertuan', Potensi Kerugian Negara Rp 16,8 Miliar

Selain itu, ada juga rencana bantuan PJU Provinsi Babel, namun jumlahnya belum diketahui. Sebab mereka nanti akan membagi ke seluruh Kabupaten atau Kota di Babel.

"Kita sudah ngajukan surat ke mereka (Provinsi) dan mudah-mudahan seluruh jalan provinsi di Belitung itu dipasang PJU oleh Provinsi," sebut Oskar.

Oskar memaparkan, misalnya jalan Provinsi Babel yang perlu dipasang yakni PJU dari Buluh Tumbang arah Kelapa Kampit, Jalan Simpang Empat Sijuk ke Buding, dari Tanjungpandan ke arah Membalong.

"Nah masih banyak lagi yang belum ada lampu, datanya sudah kami kirim ke Provinsi Babel, kami ngajukan sekitar 800 dan semoga kita dapat," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: