Bongkar Suap Tambang Ilegal Ismail Bolong, Jika Memungkinkan Polri Gandeng KPK dan PPATK

Bongkar Suap Tambang Ilegal Ismail Bolong, Jika Memungkinkan Polri Gandeng KPK dan PPATK

Ismail Bolong tersangka dugaan kasus suap tambang ilegal batu bara di Kaltim--Gatra TV-Youtube Channel

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA - Polri terus berupaya bongkar peran Ismail Bolong terkait dugaan kasus suap tambang batu bara ilegal Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Jika memungkinkan, Polri siap-siap menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) maupun Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

Pihak Polri menggandeng KPK maupun PPATK  guna pengusutan aliran dana kasus suap tambang ilegal yang dilakukan Ismail Bolong supaya tuntas.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menegaskan,  jika koordinasi dengan lembaga KPK maupun PPATK harus berdasarkan alat bukti yang cukup.

BACA JUGA:Kapolri Tanggapi Soal Setoran Tambang Kabareskrim, Ismail Bolong Saksi Kunci

"Sekali lagi, kalau itu memungkinkan akan bekerja sama dengan KPK dengan PPATK itu secara teknis penyidik," kata Irjen Dedi dilansir dari disway.id, Jumat 16 Desember 2022.

Itu semua koridor adalah bagaimana bukti-bukti yang didapatkan tim penyidik itu bisa ditindaklanjuti dan dilakukan proses penyelidikan dan penyidikan," sambungnya.

Akan tetapi, Kadiv Humas Polri itu belum bisa merinci terkait mekanisme bentuk kerja sama dengan pihak lain. “Itu teknis penyidik, penyidik yg paling tahu tentang itu," ujarnya.

Lantas apakah kemungkinan gandeng KPK dan PPATK ini bisa ada target baru yang bisa diamankan oleh Polri?.

BACA JUGA:Tak Ada Bukti Kuat, Komjen Agus Andrianto Bantah Tuduhan Terima Setoran Tambang Ilegal

Terkait hal itu, Dedi menekankan Polri bekerja sesuai dengan fakta hukum yang adaserta bukti pelanggaran untuk proses penindakannya.

"Pada prinsipnya, Polri bekerja sesuai dengan fakta hukum. Jika menemukan fakta hukumnya dan bukti pelanggaran pidananya, insyaAllah dari tim penyidik pasti akan melakukan tindakan," jelasnya.

Peran dan anak istri Ismail Bolong

Peran anak dan istri Ismail Bolong di balik dugaan kasus tambang ilegal Kalimantan Timur (Kaltim) akhirnya dibongkar oleh pihak kepolisian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id