Pemkot Pangkalpinang Optimis Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2022

Pemkot Pangkalpinang Optimis Raih Penghargaan Nirwasita Tantra 2022

Kepala DLH Kota Pangkalpinang, Endang Supriyadi optimis Pemkot meraih penghargaan Nirwasita Tantra 2022--

Hal itu guna mengatasi permasalahan itu pihaknya telah menonjolkan inovasi dengan dibentuknya Satgas Smile. Ini untuk mendukung apresiasi dari pemerintah pusat.

Adanya tim ini, memberi kontribusi yang besar dalam membantu meningkatkan pengelolaan sampah. Di antaranya mengurangi jumlah penumpukan sampah di titik liar dan mengurangi masuknya sampah ke Tempat Pembuangan Akhir atau TPA melalui teknik pemilahan sampah.

Sejauh ini eksekutif maupun legislatif sangat berkomitmen menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup daerah. Dengan program perencanaan melalui berbagai kegiatan pengelolaan, pemantauan dan penegakan hukum.

“Ke depan kita akan tetap menjaga eksistensi dan komitmen pemerintah daerah dalam mengedepankan isu lingkungan hidup dalam setiap sektor pembangunan yang akan dilaksanakan,” urainya.

Kendati demikian kata Endang, Kota Pangkalpinang memiliki beberapa pencapaian nilai indeks kualitas lingkungan hidup, seperti peningkatan indeks kualitas air sampai November 2022. 

"Di mana di Kota Pangkalpinang terjadi peningkatan sebesar 54,00 persen per November 2022. Dimana pada tahun 2021 lalu hanya 47,255," jelasnya.

Indeks kualitas udara tahun 2022 juga mengalami peningkatan sebesar 87,78, dari semula pada tahun 2021 hanya sebesar 86,732. Indeks tutupan lahan tahun 2022 sama dengan tahun sebelumnya sebesar 42,60. 

BACA JUGA:Inovasi Pedekate Berkah Dinilai, Radmida Optimis Pemkot Pangkalpinang Terbaik

Sedangkan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup juga mengalami peningkatan di tahun 2022 hingga bulan November yakni 65,184, sedangkan tahun 2021 cemar sedang sebesar 62,216.

“Berkaca dari tahun sebelumnya kita mendapatkan nominasi peringkat keempat secara nasional untuk kategori kota sedang. Karena yang menjadi acuan adalah dokumen. Kalau dokumennya bagus otomatis apa namanya presentasi mendukung dan itu kan jadi nilai tambah dari penilaian,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: