Minat Baca di Belitung Terus Meningkat, Kunjungan ke Perpustakaan Daerah Naik

Minat Baca di Belitung Terus Meningkat, Kunjungan ke Perpustakaan Daerah Naik

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Belitung, Paryanta-Ist-

BELITONGEKSPRES.CO.ID, TANJUNGPANDAN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Belitung mencatat minat baca masyarakat terus meningkat pasca Pandemi Covid-19. Kunjungan mengalami kenaikan 6191 orang.

Hal itu berdasarkan jumlah kunjungan masyarakat ke Perpustakaan Daerah Belitung tahun 2022. Kenaikan dibandingkan pengunjung tahun 2021 sebanyak 3954 dan 2020 ada 4341 orang.

Sedangkan jumlah anggota perpustakaan Daerah Belitung  tahun 2022 sebanyak 4104 orang. Pada tahun 2021 ada 3717 orang dan 2020 ada 3414 anggota perpustakaan.

"Minat baca mengalami peningkatan dari tahun ke tahun," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Belitung, Paryanta kepada Belitong Ekspres, Rabu (4/1).

BACA JUGA:Antisipasi Aksi Jambret, LKBH Belitung: Pemda Harus Tambah Lampu Penerangan

BACA JUGA:LPG Bocor, Dapur Warung Pecel Lele di Tanjungpandan Terbakar

Menurut Paryanta, peningkatan itu merupakan hasil program inovasi mereka seperti aplikasi i-Belitung atau buku digital yang dikombinasi dengan program literasi elektronik  jalan untuk kita (lejuk).

Alikasi i-Belitung atau buku digital itu dimanfaatkan masyarakat untuk membaca buku-buku eletronik di perpustakaan daerah.

Selain itu, selama dua tahun ini DKPD Kabupaten Belitung menerapkan kunjungan ke perpustakaan dan akan mendapatkan kupon undian hadiah.

BACA JUGA:Angka Stunting di Belitung Turun Pada Tahun 2022

BACA JUGA:Desa Terkaya di Belitung Siapkan Sejumlah Program Unggulan, Sektor Pariwisata Salah Satunya

"Jadi siapa yang ke Perpustakaan itu diberikan kupon lalu diundi di akhir tahun, sehingga minat masyarakat untuk hadir ke Perpustakaan cukup tinggi," jelas Paryanta.

Kemudian juga Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Belitung mempunyai program sirkulasi koleksi antar perpustakaan (Sikantan).

Bahkan program Sikantan telah mendapatkan penghargaan top 5 kompetisi inovasi pelayanan publik dari Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: