Kabar Baik, Tahun Ini Penerima Bansos Boleh Ikuti Program Kartu Prakerja, Cek di Sini Cara Daftarnya

Kabar Baik, Tahun Ini Penerima Bansos Boleh Ikuti Program Kartu Prakerja, Cek di Sini Cara Daftarnya

Ilustrasi Kartu Prakerja --(Antara)

BELITONGEKSPRES.CO.ID, JAKARTA – Kabar baik bagi penerima bantuan sosial atau bansos. Mulai tahun 2023 ini penerima Bansos diperbolehkan mendaftar sebagai peserta Program Kartu Prakerja.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kebijakan tersebut berbeda dengan program pelatihan kartu Prakerja sebelumnya. 

Pasalnya, pembukaan program pelatihan Kartu Prakerja saat ini difokuskan sebagai bantuan peningkatan skill dan produktivitas angkatan kerja. Oleh sebab itu, program Kartu Prakera dilakukan secara normal atau tidak lagi bersifat semi bansos.

Makanya masyarakat penerima jenis bantuan dari pemerintah, seperti Bantuan Subsidi Upah (BSU), bantuan produktif usaha mikro (BPUM), dan program kelauarga harapan (PKH) diperbolehkan untuk mengikuti program Kartu Prakera tersebut.

BACA JUGA:10 Provinsi Siap-siap, Pelatihan Kartu Prakerja 2023 akan Digelar Offline, Insentif Rp 4,2 Juta

BACA JUGA:5 Ramuan Obat Tradisional untuk Stamina Pria Siap Tempur, Berikut Cara Membuatnya

“Karena tidak lagi bersifat semi bansos maka penerima bantuan seperti BSU, BPUM, dan PKH boleh jadi peserta Kartu Prakerja karena ini untuk re-training dan re-skilling, bukan bansos lagi,” ujarnya dalam konferensi secara daring, dikutip Selasa (10/1).

Airlangga menjelaskan, nantinya setiap peserta akan mendapatkan dana Prakerja sebesar Rp 4,2 juta dengan rincian, yakni 3,5 juta untuk biaya 

pelatihan. Kemudian, Rp 600 ribu untuk biaya pengganti transportasi yang dibayarkan sekali dan Rp 100.000 sebagai insentif survei yang akan dibayar dua kali.

Sebelumnya peserta kartu Prakerja mendapat Rp 3,5 juta per individu dengan biaya pelatihan lebih tinggi ketimbang insentifnya. Terdiri atas biaya pelatihan Rp 3,5 juta, insentif pasca pelatihan Rp 600.000 yang akan diberikan satu kali, serta insentif survei Rp 100.000 untuk dua kali pengisian survei.

BACA JUGA:Ini Tips Amankan ‘Mobile Banking’ Ketika Ponsel Hilang

BACA JUGA:Berkembang Pesat, Jumlah UMKM Kabupaten Beltim Meningkat Drastis di Tahun 2022

“Jadi, tahun ini biaya pelatihannya lebih tinggi. Kalau pada saat skema bansos, biaya pelatihan lebih rendah daripada bantuan,” tutur Airlangga.

Sementara itu, berikut ini cara mendaftar program Kartu Prakerja 2023 untuk masyarakat termasuk para penerima bansos:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jawapos.com