IPB University Riset UKICIS Pariwisata di Pulau Belitung, Terjunkan 30 Tim Peneliti

IPB University Riset UKICIS Pariwisata di Pulau Belitung, Terjunkan 30 Tim Peneliti

Kegiatan riset UKICIS oleh Departemen Biologi, FMIPA, IPB University di Pulau Belitung yang diawali dengan Focus Group Discussion (FGD)-Ist-

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Institut Pertanian Bogor (IPB University) memulai kegiatan riset UK-Indonesia Consortium for Interdiciplinary Sciences (UKICIS) pariwisata di Pulau Belitung.

Rangkaian kegiatan riset UKICIS oleh Departemen Biologi, FMIPA, IPB University tersebut diawali dengan Focus Group Discussion (FGD), yang dilaksanakan Jumat (13/1/2023).

FGD IPB University dilaksanakan dua kali. Yakni, pagi hari bersama Pemkab Belitung di Hotel La Lucia, Tanjungpandan, dan siang bersama Pemkab Belitung Timur (Beltim) di Guest Hotel, Manggar.

Koordinator Tim Riset UKICIS IPB, Prof. Dr. Miftahudin, M.Si mengatakan, FGD tersebut bertujuan menyamakan persepsi tentang kegiatan riset pariwisata yang akan dilakukan.  

BACA JUGA:Menparekraf: Kebijakan Strategis Imigrasi Tentukan Peningkatan di Sektor Pariwisata

BACA JUGA:Pengunjung Pantai Wisata Tanjungpendam 2022 Capai 436.700 Orang, PAD Melebihi Target

Pada kesempatan tersebut, kedua pemerintah daerah yang dihadiri Bupati Belitung Sahani Saleh dan Bupati Beltim Burhanudin. Para pejabat Pemkab juga berkomitmen mendukung pelaksanaan kegiatan riset.

Kegiatan riset UKICIS ini akan dilaksanakan untuk jangka waktu 3 tahun di Pulau Belitung. Tema riset adalah Pariwisata Berkelanjutan dan Terintegrasi berdasarkan Sumberdaya Hayati. 

"Riset grup ini mendapatkan dana dari LPDP Republik Indonesia melalui skema Rispro-UKICIS," kata Prof. Dr. Miftahudin kepada Belitong Ekspres, Senin (16/1/2023) kemarin.

Miftahudin menerangkan, setidaknya mereka terjunkan 30 orang tim peneliti. Terdiri atas profesor, dosen, asisten peneliti dari Departemen Biologi, FMIPA, IPB University, ITB, dan UI .

BACA JUGA:Pemkab Belitung Kini Punya Program BOSS, Special Suprise Bagi Wisatawan

BACA JUGA:Nasib Pengembangan KSPN Belitung Dapat Perhatian Khusus, Pj Gubernur Babel Sepakat Dengan 3 Cara

"Mereka sudah tiba dan memulai riset di berbagai lokasi di Pulau Belitung. Mereka terbagi ke dalam 7 kelompok riset berdasarkan sub-tema masing-masing," terangnya.

Miftahudin menambahkan, luaran per tahun dari rangkaian kegiatan riset ini diharapkan mampu menghasilkan kajian ilmiah berupa data, rekomendasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: