Komitmen Investasi KEK 2023 Capai Rp 61,9 Triliun

Komitmen Investasi KEK 2023 Capai Rp 61,9 Triliun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Dewan Nasional KEK Airlangga Hartarto-Istimewa -

JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID – Pada tahun 2023 ini pemerintah mendorong investasi  pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK). Komitmen investasi KEK 2023 Rp 61,9 triliun.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, investasi menjadi faktor yang sangat diperlukan untuk mendukung kemajuan pembangunan KEK kedepannya.

"Investasi KEK terus terakselerasi. Untuk 2023, komitmen investasi mencapai Rp 61,9 triliun," kata Airlangga Hartarto yang juga Ketua Dewan Nasional KEK dilansir dari JawaPos.com, kemarin.

Ia menjelaskan, hingga tahun 2022, realisasi investasi KEK sudah mencapai Rp 113,2 triliun dan jumlah lapangan kerja sebanyak 55.678 orang.

BACA JUGA:Pengembangan KEK Pariwisata Tanjung Kelayang Belitung Belum Optimal, Peran BUPP Minim

BACA JUGA:Pemkab Sumedang Pelajari KEK Pariwisata Belitung

"Untuk komitmen investasinya Rp 214 triliun. Sedangkan, 2023 komitmen investasi sebesar Rp 61,9 triliun,” sebut Airlangga Hartarto.

Menurutnya, KEK berjalan dengan capaian investasi Rp 30,9 triliun atau 27 persen dari kumulatif penanaman modal. Dan, telah mampu membuka lapangan kerja baru bagi 27.526 orang.

Capaian tersebut didorong oleh beberapa KEK berbasis industri. Misalnya, KEK Galang Batang, KEK Kendal, KEK Gresik, dan KEK Sei Mangkei.

Selain itu, kawasan ekonomi khusus berbasis pariwisata seperti KEK Mandalika, KEK Lido, KEK Tanjung Kelayang, KEK Tanjung Lesung, dan KEK Singhasari.

BACA JUGA:Kantor Unit Produksi PT Timah di Desa Lenggang Diresmikan

BACA JUGA:Penduduk Miskin RI 2022 Naik Menjadi 26,36 Juta, Provinsi Ini Tertinggi

“Peningkatan investasi juga terjadi di KEK Nongsa yang mampu menarik investasi untuk data center, digital, serta industri film,” imbuh Airlangga.

Dari 19 KEK yang saat ini telah ditetapkan oleh pemerintah, masih terdapat beberapa yang perlu didorong agar dapat berkembang secara signifikan. Antara lain, KEK Morotai, KEK Sorong, KEK MBTK, dan KEK Likupang.

Sumber: