Tingkat Kesejahteraan, Surianto Minta Pemda Maksimalkan Pemasaran Produk UMKM Basel

Tingkat Kesejahteraan, Surianto Minta Pemda  Maksimalkan Pemasaran Produk UMKM  Basel

Anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan (Basel) H Surianto-Ist-

TOBOALI, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan (Basel) H Surianto minta pemerintah daerah (Pemda) maksimalkan pemasaran produk Usaha Mirko Kecil Menengah (UMKM).

Pemda melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Basel harus memfasilitasi pelaku UMKM guna meningkatkan kualitas dan kuantitas pemasaran produknya. 

Pemda melalui OPD Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan diminta selalu memaksimalkan pelayanan dalam memfasilitasi pelaku UMKM  meningkatkan kualitas dan kuantitas pemasaran produknya. 

Sejauh ini kata politisi Golkar Surianto, OPD terkait telah melakukan berbagai macam upaya untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam memasarkan produk IKM dan UMKM.

BACA JUGA:Menyikapi Viralnya Permainan Lato-Lato Bagi Siswa SD

Seperti melakukan kerjasama dengan UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Disperindag Provinsi Babel dan mencoba menjalin kerjasama dengan pengusaha yang berada di luar daerah untuk memasarkan produk UMKM tersebut.

"Dan melakukan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk pengiriman produk UKM, namun untuk sekarang ini masih belum menunjukkan progres ketercapaian yang maksimal," kata Surianto kepada wartawan, kemarin.

Anggota DPRD Dapil ll Kecamatan Air Gegas juga menyampaikan bahwa data pelaku UMKM di tahun 2021 sebanyak 33.000, dan kemungkinan di tahun 2022 terus bertambah.

Menurutnya, ditambah pada masa pandemi Covid19 pemerintah pusat menggelontorkan bantuan tunai cukup besar untuk pelaku UMKM di Kabupaten Basel.

BACA JUGA:Surianto Imbau Pemda Basel, Lakukan Sesuai Jadwal Soal Realisasi DAK 2023

Pemerintah pusat pun memberikan perhatian khusus untuk pelaku UMKM. Sehingga pemerintah daerah pun harusnya mengkoneksikan signal positif yang diberikan pemerintah pusat tersebut.

"Pemerintah daerah harus memberikan suport atau dukungan yang lebih serta  berkelanjutan untuk pembinaan terhadap pelaku UMKM. ehingga dapat meningkatkan mutu atau kualitas dan kuantitas pemasaran produknya dengan baik, karena produk IKM dan UMKM dapat juga sebagai media promosi wisata Bangka Selatan," ujarnya.

Selain itu, Politisi Partai Golkar kelahiran Air Gegas ini berharap pembinaan terhadap pelaku UMKM nantinya dapat dilakukan secara komprehensif dan berkelanjutan dari mendaftarkan produk UMKM ke BPOM, sertifikat halal sampai dengan memberi sentuhan terakhir pada kemasan atau packaging yang membuat value atau nilai jual produk IKM dan UMKM tersebut semakin baik.

"Dan untuk memfasilitasi pemasaran produk IKM dan UMKM pemerintah daerah harus membuat aplikasi belanja produk UMKM yang dapat didownload oleh android dengan mencantumkan link download atau barcode di kemasan produk serta mensosialisasikan kepada masyarakat tentang penggunaan aplikasi tersebut," tuturnya 

Sumber: