DPRD Babel Siap Dukung Anggaran untuk Sukseskan Pilkada 2024

DPRD Babel Siap Dukung Anggaran untuk Sukseskan Pilkada 2024

RDP di ruang rapat DPRD Provinsi Babel, Rabu (1/2/2023-Ist-

PANGKALPINANG, BELITONGEKSPRES.CO.ID - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) siap memberikan dukungan anggaran dalam mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024. 

Dukungan anggaran itu disampaikan wakil Ketua DPRD Provinsi Babel, Amri Cahyadi pada saat melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama pimpinan Komisi I.

RDP bersama Pimpinan Fraksi DPRD Provinsi Babel, yang dihadiri KPU dan Bawaslu digelar ruang Rapat Badan Musyawarah DPRD Provinsi Babel, Rabu (1/2/2023).

"Kami berkomitmen agar pemilukada itu berjalan sukses dan lancar," kata Politisi Partai PPP Babel Amri Cahyadi.

Menurut Amri, berdasarkan Surat Edaran (SE) Mendagri bahwa diinstruksikan kepada kepala daerah untuk membayar 40% dari dana penyelenggaraan Pilkada di tahun 2023 kepada penyelenggara pemilu. Dan sisanya 60% di bayar pada tahun 2024. 

BACA JUGA:4 Daerah Paling Kaya di Provinsi Babel, Belitung Nomor Berapa?

Berkenaan dengan hal tersebut, DPRD Babel meminta agar semaksimal mungkin dapat melakukan pencermatan dalam menghitung kebutuhan anggaran.

Yakni, dengan memperhatikan kemampuan keuangan daerah saat ini, tanpa mengurangi kualitas Pemilu sehingga tetap dapat berjalan dengan baik.

"Melalui RDP ini kami sampaikan bahwa APBD kita terbatas maka kita berharap perlu dihitung dengan cermat Penganggaran yang pas untuk KPU dan Bawaslu dalam mensukseskan Pemilu ini," bebernya.

Berikutnya karena pilkada ini dilaksanakan serentak, maka musti harus ada koordinasi antara Provinsi dan Kabupaten/Kota agar ada pembagian anggaran yang proporsional. 

BACA JUGA:Sepanjang 2022 UPT Dinas PU Babel Overlay dan Lebarkan Jalan Belitung, Rp 45 Miliar

"Pj gubernur agar segera melakukan rapat koordinasi dengan bupati dan walikota untuk menyepakati rincian besaran alokasi anggaran yang harus dipersiapkan oleh provinsi, kemudian Kabupaten/Kota," tutupnya. 

Turut hadir dalam rapat tersebut, Ketua Fraksi PPP, Hj. Hellyana, Ketua Fraksi Golkar, Heryawandi, Ketua Fraksi Nasdem Agung Setiawan, Ketua Komisi I, Nico Plamonia Utama dan Anggota Fraksi PDI Perjuangan, Susi. 

Untuk diketahui usulan Pembagian Pembiayaan Dana Hibah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Babel mengajukan usulan anggaran sebesar Rp 267.776.582.904, guna mensukseskan Pilkada serentak yang digelar 27 November 2024 mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: