Merdeka Belajar, SMAN 1 Manggar Field Trip ke Lapas Tanjungpandan dan Geosite Juru Seberang

Merdeka Belajar, SMAN 1 Manggar Field Trip ke Lapas Tanjungpandan dan Geosite Juru Seberang

Field Trip siswa dan guru SMAN 1 Manggar ke Geosite Juru Seberang, Tanjungpandan, Kamis (2/2/2023)-Ist-

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Siswa kelas X beserta guru di SMAN 1 Manggar ikuti program Field Trip ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan dan Geosite Juru Seberang pada Kamis (2/1/2023).

Kegiatan yang diikuti 305 siswa dan 15 guru ini dalam rangka penerapan “Merdeka Belajar” Kurikulum Merdeka yang sudah diterapkan SMAN 1 Manggar di kelas X.

Pada program Field Trip ini, ada tiga mata pelajaran yang berkolaborasi. Yaitu, ke Lapas Tanjungpandan untuk mata pelajaran Sosiologi dan Bahasa Inggris.

Kemudian kunjungan ke Geosite Juru Seberang Kecamatan Tanjungpandan untuk mata pelajaran Biologi dan Bahasa Inggris.

BACA JUGA:Prestasi Kepala SMAN 1 Manggar, Sabarudin Diganjar Penghargaan Kepala Sekolah Inspiratif AKSI 2022

Kunjungan ke Lapas Tanjungpandan, SMAN 1 Manggar diterima langsung oleh Kepala Lapas Tanjungpandan bersama jajarannya, termasuk beberapa narapidana di aula pertemuan.

Studi ke Lapas ini merupakan pembelajaran penelitan sosial yang diampu oleh Ares Faujian (Sosiologi) dan pengalaman masa lalu dalam penulisan bahasa asing oleh Winda Ari Anggraini (Bahasa Inggris). 

Setelah itu, perjalanan Field Trip dilanjutkan ke Geosite Juru Seberang untuk studi kultur jaringan Mangrove yang diampu oleh Triwarti (Biologi), serta pengalaman semasa studi tersebut (Bahasa Inggris).

Kepala SMAN 1 Manggar Sabarudin mengaku senang dengan program Field Trip dan mengapresiasi para guru yang melaksanakan pembelajaran yang bermakna ini. 

BACA JUGA:Kagumi Podcast SMAN 1 Manggar, Daya Tarik Kunjungan SMAN 1 Pemali

Dikatakannya, pembelajaran itu tidak hanya dilakukan di dalam kelas, namun kelas yang bermakna ialah lokasi asli yang sebenarnya.

“Terima kasih kepada guru-guru yang telah ikut andil dalam program Field Trip ini. Semoga program ini bisa menjadi inspirasi bagi cita-cita siswa, serta inspirasi pembelajaran bagi sekolah lain," harapnya.

Sementara itu Kepala Lapas Tanjungpandan Mahendra Sulaksana menyambut baik dan sangat mengapresiasi kunjungan studi SMAN 1 Manggar.

“Pembelajaran ini sangat bermanfaat untuk menambah pengalaman dan pengetahuan baru bagi siswa," kata Mahendra Sulaksana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: