Bupati Beltim Dukung Program GEMAPATAS, Amankan Batas Tanah Masyarakat

Bupati Beltim Dukung Program GEMAPATAS, Amankan Batas Tanah Masyarakat

Kegiatan GEMAPATAS Satu Juta Patok Serentak Seluruh Indonesia dihadiri Bupati Burhanudin bersama Wakil Bupati Beltim, Khairil Anwar via Video Conference di lapangan Bola Atom, Kecamatan Damar, Jumat (3/2/2023)-Ist-

DAMAR, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Bupati Belitung Timur (Beltim), Burhanudin dukung program Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (GEMAPATAS) Satu Juta Patok Serentak Seluruh Indonesia.

Kegiatan GEMAPATAS Satu Juta Patok Serentak Seluruh Indonesia dihadiri Burhanudin bersama Wakil Bupati Beltim, Khairil Anwar via Video Conference di lapangan Bola Atom, Kecamatan Damar, Jumat (3/2/2023).

GEMAPATAS merupakan Program yang dilakukan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN).

Adapun tujuannya, untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat supaya memasang tanda batas pada tanah yang dimilikinya. Dalam hal ini guna mengamankan aset tanah dari mafia tanah serta meminimalisir sengketa batas tanah yang sering terjadi di masyarakat. 

Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Beltim, Akhmad Syaikhu, mengatakan, ntuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ditargetkan pemasangan tujuh ribu patok tanah

BACA JUGA:Lazismu Belitung Timur (Beltim) Terima Bantuan Ambulans

"Sedangkan untuk Kabupaten Belitung Timur sendiri ditargetkan pemasangan sebanyak 1.000 patok tanah," kata Akhmad Syaikhu dikutip dari rilis Prokom Setda Beltim.

Dia menjelaskan, GEMAPATAS merupakan percepatan dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dalam membantu percepatan pengukuran bidang tanah.

Dengan begitu kata Akhmad Syaikhu, petugas BPN dapat dengan mudah melaksanakan pengukuran tanah masyarakat tersebut.

"Jadi dengan diadakan GEMAPATAS ini warga dapat memasang patok batas bidang tanah masing-masing. Dan seluruh desa di Kabupaten Belitung Timur, pada pagi hari ini kami informasikan untuk memasang patok bidang tanah serentak,” jelasnya.

Selanjutnya, Akhmad Syaikhu juga menyampaikan bahwa kegiatan PTSL untuk Tahun 2023 di Kabupaten Beltim targetnya sebanyak 1784 bidang tanah yang tersebar di dua kecamatan, tujuh desa.

BACA JUGA:Desa Mekar Jaya Manggar Calon Desa Anti Korupsi, Tim KPK RI Lakukan Observasi

Untuk Kecamatan Damar, desa yang menjadi lokasi penlok PTSL yaitu Desa Sukamandi, Desa Mengkubang, Desa Burung Mandi, Desa Mempaya, dan Desa Air Kelik, serta untuk Kecamatan Kelapa Kampit lokasi penlok PTSL di Desa Pembaharuan dan Desa Mayang. 

Ia turut berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung Timur, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pihak kecamatan, pemerintah desa serta masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: