Operasi Keselamatan Menumbing Tidak Ada Tilang, Satlantas Polres Belitung Utamakan Edukasi

 Operasi Keselamatan Menumbing Tidak Ada Tilang, Satlantas Polres Belitung Utamakan Edukasi

Satlantas Polres Belitung, saat melakukan sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas di salah satu radio di Tanjungpandan-Ist-

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Operasi Keselamatan Menumbing 2023 di Kabupaten Belitung berbeda dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnya.

Kasatlantas Polres Belitung Iptu Riris Tawan April Sianturi mengatakan, operasi Keselamatan Menumbing lebih ke edukasi mengenai keselamatan dalam berlalu lintas. 

"Operasi ini dimulai hari ini dan berlangsung selama dua pekan. Tadi (kemarin,red) sudah menggelar apel yang dipimpin Kapolres Belitung AKBP Didik Subiyakto," kata Iptu Riris Tawan Sianturi, Selasa (7/2).

Iptu Riris kembali mengatakan, dalam Operasi Keselamatan Menumbing pihaknya mengutamakan edukasi dan sosialisasi keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat di Belitung.

BACA JUGA:Bangka Tengah Peringkat 1 Kinerja Dana Desa Terbaik Lingkup Pemprov Babel

BACA JUGA:Peternak Ayam Mandiri di Belitung Menjerit, Harga Ayam Anjok dan Merugi, Bakal Ngadu ke DPRD

"Selama operasi, kami tidak melakukan razia. Namun lebih mengutamakan teguran, edukasi dan pengarahan kepada pengendara dan penumpang baik roda, empat maupun enam," jelasnya.

Menurutnya dalam operasi ini tidak melakukan penindakan seperti tilang. Namun jika ada yang melanggar aturan berlalu lintas, maka pihak kepolisian akan mengambil tindakan tegas.

Misalnya, jika ditemukan adanya pengendara yang mengganti plat nomor kendaraan mobil atau motor yang tidak sesuai alias palsu, maka akan ditindak.

"Jika ditemukan, maka kita akan berkoordinasi dengan Satreskrim Polres Belitung. Sebab, itu sudah masuk bagian unsur pidana pemalsuan," tegas Kasatlantas Polres Belitung.

Dengan adanya Operasi Keselamatan Menumbing 2023, Iptu Riris berharap ketertiban berlalu lintas masyarakat di Kabupaten Belitung terus meningkat. 

BACA JUGA:Operasi Keselamatan Menumbing 2023 Dimulai, Polres Belitung Targetkan Angka Kecelakaan Turun

BACA JUGA:Baznas Belitung Bantu Pelunasan Hutang Asnaf Rp 60 Juta

"Upaya yang sudah kita lakukan yakni sosialisasi melalui radio, serta membagikan stiker dan membuat spanduk sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: