BPS Percepat Rilis Publikasi Beltim Dalam Angka 2023

BPS Percepat Rilis Publikasi Beltim Dalam Angka 2023

Kepala BPS Beltim saat menyerahkan piagam kepada kepada Kepala Diskominfo Beltim-Ist-

MANGGAR, BELITONGEKSPRES.CO.ID – Dalam waktu dekat BPS bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) akan menerbitkan Publikasi Belitung Timur (Beltim) Dalam Angka 2023.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menyatakan seluruh data dari OPD di Kabupaten Belitung Timur sesuai verifikasi. 

Kepala Kantor BPS Kabupaten Beltim Azhar menyatakan rilis Publikasi Beltim Dalam Angka dikerjakan jauh lebih cepat. BPS akan merilis pada awal tahun yakni di Februari akhir.

Hal disampaikan Azhar dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Publikasi Daerah Dalam Angka 2023 di Guest Hotel Manggar, Selasa, (21/2/2023).

“Biasanya pada Bulan Agustus setiap tahunnya. Namun sejak 2020 kita kerjakan lebih cepat, biar selesai di Bulan Februari ini,” kata Azhar seperti dikutip dari rilis Diskominfo Beltim.

BACA JUGA:Bulog Belitung Pastikan Stok Beras Aman Hingga Hari Raya Idul Fitri

Percepatan pengerjaan ini menurut Azhar supaya data yang disajikan dalam Publikasi dapat menunjang kegiatan perencanaan di Pemerintah Daerah yang biasanya dilakukan pada triwulan pertama setiap tahunnya.

“Meski dipercepat kita tetap menyajikan data statistik sesuai 4 prinsip, yakni memenuhi standar data, memiliki meta data, memkiliki referensi atau data induk dan introperabilitas untuk kemudahan pengguna data,” jelas Azhar.

Azhar yang didampingi oleh Kepala Seksi Inegrasi Pengolahan Diseminiasi Statistik Roni menambahkan kegiatan Penyusunan Publikasi Beltim Dalam Angka melibatkan 50 orang, baik dari OPD di Pemkab, Instansi vertikal serta BPS Beltim.

“Dalam FGD ini juga kita akan mensosialiasikan peningkatan data statistik baik dasar maupun struktural, yang ke depannya akan ditindaklanjuti dengan melakukan pembinaan secara bertahap kepada OPD dalam upaya perbaikan tata kelolala Data,” ujar Azhar.

BACA JUGA:Isyak Meirobie Jabat Ketua Rapi Belitung 2023-2027, Siapkan Program Aksi Berbeda

Publikasi Beltim Dalam Angka merupakan rangkuman data baik yang bersumber Data Dasar dari BPS Beltim maupun Data Statistik Sektoral yang berasal dari OPD maupun instansi vertikal lainnya di Kabuaten Beltim. Publikasi ini mencerminkan bagaimana perkembangan wilayah dengan data yang disajikan di dalamnya. (rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: