Wabup Beltim Tingkatkan Percepatan Akses Keuangan Daerah

Wabup Beltim Tingkatkan Percepatan Akses Keuangan Daerah

Sosialisasi dan Ruang Rapat Pleno Semester I Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Tahun 2023 di Ruang Rapat Bupati Beltim, Senin (20/2)--

MANGGAR, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Wakil Bupati (Wabup) Belitung Timur (Beltim), Khairil Anwar mengatakan, kondisi masyarakat yang sejahtera melalui pemerataan ekonomi tentunya menjadi cita-cita dan target Pemerintah baik Pusat maupun daerah, termasuk Pemkab Beltim.

Demikian disampaikan saat membuka sambutan pada kegiatan Sosialisasi dan Ruang Rapat Pleno Semester I Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Tahun 2023 di Ruang Rapat Bupati Beltim, Senin (20/2).

TPAKD sendiri merupakan forum koordinasi antar instansi dan stakeholders terkait untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

Dalam sosialisasi dan Ruang Rapat Pleno Semester I Tim TPAKD ini, turut dihadiri Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Sumatera Bagian Selatan.

BACA JUGA:Tasmin Tamsil Dukung Program Unggulan Pemkab Bateng di Bidang Perikanan

Khairil Anwar turut menuturkan, TPKAD memiliki andil penting dalam menjembatani aliansi strategis dengan stakeholder terkait.

Sehingga pengimplementasian perluasan akses keuangan daerah dapat berjalan merata menjangkau seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Beltim.

“TPAKD memegang peranan vital dalam menjembatani aliansi strategis antara Kementerian/Lembaga, Satuan Kerja Perangkat Daerah, Lembaga Jasa Keuangan dan stakeholder lainnya dalam rangka perluasan akses keuangan daerah”, tuturnya.

Ia juga mengapresiasi terlaksananya kegiatan ini. Sebab ini merupakan wadah sharing ilmu serta pendampingan OJK kepada Pemkab dalam menyusun Program Kerja TPAKD.

Pada kesempatan itu, OJK Regional 7 Sumatera Bagian Selatan memberikan 4 usulan Program TPAKD Tahun 2023 untuk Kabupaten Belitung Timur.

BACA JUGA:Sat Resnarkoba Polresta Pangkalpinang Ringkus Pengedar Sabu Kelas Kakap, BB 1,5 Kg

Diantaranya, Tabungan Anak yaitu dengan melaksanakan program satu rekening satu pelajar, Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang akan menguatkan infrastruktur dan akses keuangan melalui pengoptimalisasiannya. 

Kemudian, Ekosistem Pariwisata, yaitu dengan penyaluran kredit atau pembiayaan sektor prioritas pariwisata dengan fokus desa wisata, Peningkatan Literasi Keuangan, dengan melalui progran sosialisasi dan edukasi keuangan bagi masyarakat umum, pelajar dan UMKM. 

Acara ini juga turut dihadiri Sekda Beltim, Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala KPPN Tanjungpandan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, Pimpinan Perbankan, serta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Belitung Timur. (rel)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: