PT ANJ Peringati HPSN 2023 Bersama Masyarakat

PT ANJ Peringati HPSN 2023 Bersama Masyarakat

PT ANJ memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap tanggal 21 Februari bersama masyarakat-Ist-

DENDANG, BELITONGEKSPRES.CO.ID - PT Austindo Nusantara Jaya (ANJ) memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh setiap tanggal 21 Februari bersama masyarakat.

Peringatan HPSN 2023 oleh PT ANJ melalui dua anak usahanya yaitu PT Sahabat Mewah dan Makmur (SMM) di Kabupaten Belitung Timur, dan PT Gading Mas Indonesia Teguh (GMIT) yang berlokasi di Jember, Jawa Timur.

Kedua perusahaan anak usaha PT ANJ tersebut  menggelar beberapa kegiatan yang melibatkan masyarakat sekitar untuk bersama-sama mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.

Tanggal 17 Februari lalu, PT SMM bersama masyarakat Dusun Liring, Perangkat Desa Renggiang, mengadakan Giat Jumat Sehat. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara pemerintah desa, masyarakat, dan PT SMM.

Mereka berupaya menyadarkan masyarakat sekitar perusahaan tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya dan menciptakan lingkungan yang asri demi kesehatan bersama. 

Dalam kegiatan di Dusun Liring, Desa Renggiang, Kecamatan Simpang Renggiang, seluruh peserta yang dihadir melakukan jalan sehat sekaligus memunguti sampah berserakan di sepanjang jalan yang dilewati.

Pada Giat Jumat Sehat pun dilakukan kegiatan penghijauan dan penanaman bersama tanaman hias dan pohon hutan di halaman sekitar Padang Lutung milik masyarakat Dusun Liring. Selain itu, semua pihak menggelar aksi kebersihan dengan bergotong royong membersihkan area sekitar.

Kepala Desa Renggiang Siskori mengatakan, program kolaborasi seperti ini merupakan langkah yang baik untuk kepentingan bersama. Mereka selaku perangkat desa, sekaligus sebagai masyarakat yang berdampingan langsung dengan perusahaan menyambut baik program Giat Jumat Sehat.

"Selain berkontribusi secara langsung untuk pelestarian lingkungan, kami juga dapat mengenal dan berinteraksi lebih dekat dengan seluruh tim dari SMM, begitu pun sebaliknya," ucap Siskori.

Sementara itu, Juli Wankara Purba, Resident Director SMM, mengatakan bahwa aspek utama dari pendekatan pengembangan bertanggung jawab dari ANJ adalah mengurangi dampak lingkungan.

Pihak perusahaan bertanggung jawab mengurangi dampak lingkungan di wilayah operasi, serta memberi manfaat bagi komunitas melalui upaya kolaboratif yang akan membawa perubahan jangka panjang.

"Program kolaborasi seperti ini merupakan langkah yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan antara perusahaan, masyarakat, dan lingkungan," kata Juli.

Harapannya, program kolaborasi seperti ini dapat terus berjalan dan berkelanjutan, serta membawa dampak positif bagi seluruh pihak.

"Perayaan HPSN tahun ini juga dilaksanakan oleh tim GMIT di Jember, dengan edukasi dan kampanye tentang bahaya sampah plastik, serta mengedukasi penggunaan kantong belanja ramah lingkungan," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: