Bercanda Soal Bom, Seorang Penumpang Wings Air Ditangkap

Bercanda Soal Bom, Seorang Penumpang Wings Air Ditangkap

Wings Air- Foto: ILUSTRASI-

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Seorang Penumpang Wings Air ditangkap karena bercanda soal bom di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, Selasa 28 Februari 2023.

Akibatnya, penerbangan Wings Air IW-1818 dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Jawa Tengah, tujuan Bandara Rahadi Oesman di Ketapang, Kalimantan Barat, mengalami keterlambatan.

Penerbangan pesawat Wings Air IW-1818 mengalami keterlambatan 37 menit gegara ada penumpang berinisial UD (45) yang bercanda soal bom tersebut.

"Saat akan naik atau berada di depan pintu pesawat, penumpang tersebut membuat pernyataan bahwa terdapat bom di dalam koper yang akan dimuat ke kompartemen bagasi bagian belakang," Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro keterangan resminya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin Terima Rekomendasi Pansus DPRD Babel

Pernyataan tersebut lantas segera dikonfirmasi ulang dan ditindaklanjuti oleh petugas keamanan Wings Air. Penumpang diamankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ke otoritas penerbangan sipil setempat.  "Penumpang UD tidak diikutsertakan (offload) dari penerbangan,” kata Danang.

Menanggapi hal dimaksud, kata Danang, segera dilakukan pengecekan menyeluruh terhadap penumpang, barang bawaan, dan bagasi kargo. "Hasilnya tidak ditemukan bukti adanya bom atau benda lain yang membahayakan penerbangan,” terangnya.

Danang menjelaskan, pesawat Wings Air penerbangan IW-1818 dijadwalkan berangkat pukul 07.00 WIB mengalami keterlambatan keberangkatan 37 menit.

Pesawat ATR 72-600 registrasi PK-WHU itu sudah dilakukan pemeriksaan kembali. “Pesawat dinyatakan laik terbang dan aman dioperasikan,” katanya.

Danang melanjutkan pesawat lepas landas pukul 07.37 WIB, dan sudah mendarat di Bandara Rahadi Oesman pukul 09.09 WIB.

BACA JUGA:Mahkamah Konstitusi Perbolehkan Mantan Napi Jadi Caleg DPD RI, Ini Syaratnya

Dia menyatakan bahwa Wings Air selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan seluruh penumpang dan awak pesawat.

“Bercanda tentang bom atau tindakan meremehkan keamanan penerbangan adalah perilaku yang sangat tidak pantas dan dilarang di penerbangan,” sebut Danang.

Mengapa bercanda bom sangat dilarang di penerbangan? Danang menjelaskan bahwa pertama soal keamanan penerbangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id