2023, Pemkab Bangka Tengah Targetkan Raih Opini WTP ke-10

2023, Pemkab Bangka Tengah Targetkan Raih Opini WTP ke-10

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangka Tengah, Cherlini--

KOBA, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Pada tahun 2023 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah kembali targetkan raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ke-10.

Opini WTP merupakan predikat tertinggi yang diberikan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) sebagai auditor eksternal terhadap laporan keuangan pemerintah daerah.

Berbagai upaya sudah dilakukan oleh Pemkab Bangka Tengah. Sebab, untuk mendapatkan predikat ini tidaklah mudah, karena ada banyak aspek penilaian yang harus dipenuhi.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangka Tengah, Cherlini mengungkapkan bahwa Bangka Tengah sudah mendapat 9 kali predikat opini WTP.

"Total kita sudah dapat 9 kali dan 6 kalinya kita dapat secara berturut-turut. Tahun ini kita kembali menargetkan predikat opini WTP tersebut untuk yang ke-10 kalinya," ujar Cherlini kepada Babel Pos Senin, (6/3/2023).

BACA JUGA:Bupati Bateng Selalu Terima Laporan PNS Selingkuh, Cinta Terlarang Sesama Rekan Kerja

Menurut Cherlini, dengan meraih opini WTP, maka jalan Pemkab Bangka Tengah untuk mendapatkan feedback berupa Dana Insentif Daerah (DID) bakal terbuka. Sebab, untuk mendapatkan DID tersebut, salah satu kategori dasarnya harus WTP. 

"Istilahnya itu adalah kuncinya, jika itu sudah terbuka, maka barulah dilanjutkan dengan penilaian berikutnya untuk mendapatkan DID seperti SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan), kesehatan, pendidikan dan lain-lain," jelasnya.

"Tapi tetap membukanya itu melalui WTP. Termasuk predikat Adipura yang juga ada penilaiannya," tambah Cherlini.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk pengumuman hasil audit laporan keuangan tahunan tersebut kemungkinan akan dilakukan setelah lebaran Idul Fitri 2023.

BACA JUGA:Bangka Tengah Peringkat 1 Kinerja Dana Desa Terbaik Lingkup Pemprov Babel

Hingga saat ini Cherlini juga mengungkapkan, bahwa tidak banyak kendala yang pihaknya hadap. Ia pun bersyukur lantaran untuk tahun ini prosesnya lebih cepat.

"Untuk tahun ini alhamdulillah jauh lebih cepat prosesnya jika dibandingkan tahun lalu dan kita harus optimis untuk mendapatkan WTP berturut-turut yang ketujuh kali," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: