Kemenag Belitung Akan Pantau Hilal Penentuan 1 Ramadhan 1444 Hijriah

Kemenag Belitung Akan Pantau Hilal  Penentuan 1 Ramadhan 1444 Hijriah

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat, Kantor Kemenag Belitung, Ahmad Tibroni--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung akan ikut melakukan pemantauan hilal penentuan 1 Ramadan 1444 Hijriah.

Rencananya, ada dua lokasi yang dipertimbangkan untuk menjadi tempat pemantauan hilal di Belitung. Yakni di Pantai Tanjungpendam atau Pantai Tanjung Kelayang.

Kasi Binmas Islam Kemenag Belitung Achmad Tibroni mengatakan, pemantauan hilal  dilakukan antara 21 atau 22 Maret, sedangkan sidang isbat pada 22 Maret 2023.

"Pemantauan hilal akan menggunakan beberapa teropong dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN), Kemenag dan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN)," kata Achmad Tibroni.

Menurut Achmad Tibroni, pemantauan hilal akan melibatkan ormas Islam, pengadilan agama, dan bagian kesejahteraan rakyat  Sekretariat Daerah Kabupaten Belitung.

BACA JUGA:Satpol PP Belitung Razia Penginapan, Dua Pasangan Mesum Terciduk, Tarif Rp 300 Ribu

“Insya Allah dalam pemantauan hilal nanti kalau bisa nanti juga akan hadir pakar falak,” kata Achmad Tibroni.

Pada hari yang sama, Kemenag Belitung juga mengadakan pelatihan hisab rukyat bagi para pengurus masjid dan organisasi kemasyarakatan di Belitung dan Belitung Timur.

Kegiatan pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari Subdit Hisab Rukyat Kemenag RI. “Setelah pelatih, para peserta diharapkan nantinya mampu menentukan arah kiblat serta mengetahui rukyatul hilal,” jelasnya.

Pulau Belitung sebelumnya menjadi satu dari tiga lokasi pemantauan hilal di Provinsi Bangka Belitung (Babel).

Pemantauan hilal penetapan 1 Ramadhan akan berlangsung pula di Pantai Tanjung Raya Penagan Kabupaten Bangka dan Pantai Tanjung Kalian Mentok, Bangka Barat.

BACA JUGA:Belitung Jadi Lokasi Event Internasional, Sukirman: Peluang Besar Majukan Wisata dan Ekonomi Kreatif

Penetapan awal Ramadhan akan dilakukan di 124 titik yang tersebari di Indonesia. Rangkaian sidang Isbat akan berlangsung pada 29 Syakban atau bertepatan dengan 22 Maret 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: