Dinas Perpustakaan Beltim Selesaikan Penilaian Lomba Perpustakaan 2023

 Dinas Perpustakaan Beltim Selesaikan Penilaian Lomba Perpustakaan 2023

Dinas Perpustakaan Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menyelesaikan penilaian lomba perpustakaan tahun 2023--

MANGGAR, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Dinas Perpustakaan Kabupaten Belitung Timur (Beltim) menyelesaikan penilaian lomba perpustakaan tahun 2023.

Penilaian lomba terdiri dari perpustakaan sekolah dan perpustakaan Desa se-Kabupaten Beltim yang dilakukan mulai tanggal 2 hingga 20 Maret 2023.

Penilaian tersebut dilakukan di 10 perpustakaan Sekolah Dasar (SD), 10 Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan enam Perpustakaan Desa.

Jumlah ini dipilih berdasarkan perpustakaan yang masuk nominasi dari total 42 perpustakaan yang mengirimkan video dan data awal seleksi.

Kegiatan yang menjadi agenda rutin Dinas Perpustakaan Kabupaten Beltim diketuai oleh Kepala Bidang Perpustakaan dengan formasi tim juri yang terdiri dari pustakawan. 

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang menggunakan instrument penilaian dengan 6 komponen. Pada tahun ini penilaian lomba perpustakaan menggunakan instrument penilaian dengan 9 komponen.

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Cetak Sejarah Baru, Kawinkan Gelar Juara Turnamen Futsal Bupati Cup 2023

Komponen penilaian mengacu pada instrument akreditasi perpustakaan berdasarkan Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional Nomor 296, 300 dan 301 Tahun 2022.

Adapun komponen penilaian tersebut terdiri dari 6 komponen utama dan 3 komponen pendukung.

Komponen utama terdiri dari penilaian terhadap Koleksi Perpustakaan, Sarana dan Prasarana, Pelayanan Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan, Penyelenggaraan Perpustakaan dan Pengelolaan Perpustakaan.

"Komponen pendukung terdiri dari Inovasi dan Kreativitas, Tingkat Kegemaran Membaca, dan Indeks Literasi Masyarakat," ujar Sekretaris Dinas Perpustakaan, Robby Yanuar.

Persaingan antar perpustakaan peserta lomba cukup ketat, masing-masing peserta berusaha menampilkan yang terbaik agar bisa terpilih menjadi juara dan membawa pulang hadiah jutaan rupiah. 

BACA JUGA:Mak Inang Ferra Emban Amanah Ketua HARPI Melati Beltim 2023-2027, Ini Program Kerjanya

"Tim juri memastikan bahwa penilaian lomba ini bersifat independen dan profesional tanpa intervensi dari pihak manapun. Pengumuman pemenang akan diberitahukan melalui surat dan media sosial Perpusda Belitung Timur," sebut Robby.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: