26 Fenomena Alam Langka dan Menakjubkan di Dunia, Nomor 18 Berkah Bagi Belitung

26 Fenomena Alam Langka dan Menakjubkan di Dunia, Nomor 18 Berkah Bagi Belitung

Kolose: Fenomena Alam Langka dan Menakjubkan di Dunia--Net

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Fenomena alam langka dan nan menakjubkan 'bulan sabit berdampingan dengan bintang' terjadi di Indonesia, pada Jumat (24/3/2023).

Peristiwa 'bulan berdampingan dengan bintang' viral di hari kedua puasa Ramadan 1444 Hijriah. Di media sosial pun ramai dan menjadi perbincangan hangat.

Terlihat jelas 'bulan sabit dan bintang berdampingan dari pukul 18.30 WIB hingga 20.00 WIB. Fenomena astronomi ini terlihat dari sejumlah provinsi di Sumatera hingga Sulawesi.

Berdasarkan penjelasan secara astronomi itu disebut konjungsi bulan dan Venus adalah fenomena alam di mana bulan dan planet Venus tampak sangat dekat satu sama lain di langit malam. 

Konjungsi ini terjadi ketika bulan dan Venus berada pada lintasan yang hampir sama di langit, meskipun keduanya sebenarnya berada di jarak yang sangat jauh satu sama lain dalam tata surya.

BACA JUGA:Tradisi Buka Puasa Bersama di Masjid Al Mabrur Tanjungpandan Penuh Kehangatan

Konjungsi bulan dan Venus bisa terlihat sangat indah dan spektakuler, terutama ketika terjadi di langit yang bersih dan gelap. Keduanya akan tampak sangat terang, terutama Venus yang merupakan salah satu planet terang di tata surya.

Konjungsi bulan dan Venus sering kali disebut sebagai "ciuman" karena tampak seperti dua benda langit yang hampir bersentuhan satu sama lain di langit malam. 

Fenomena ini terjadi secara berkala dan bisa diamati dengan mudah tanpa peralatan khusus. Namun, kejadian ini bergantung pada kondisi langit yang jelas dan bebas dari awan atau polusi cahaya.

Konjungsi bulan dan Venus dapat terjadi beberapa kali dalam setahun, meskipun tidak semua konjungsi dapat diamati dari lokasi yang sama di bumi. 

Oleh karena itu, penting untuk memantau kalender astronomi atau informasi tentang konjungsi yang akan datang jika Anda ingin menyaksikan fenomena langit langka ini.

Selain itu, fenomena langka Konjungsi Bulan-Venus terjadi secara berkala. Namun, tanggal dan waktu pasti dari konjungsi ini bervariasi dari tahun ke tahun. 

Pada tahun 2023 ini, beberapa konjungsi antara Bulan dan Venus terjadwal, di antaranya 27 April, 25 Mei, 22 Juni, 21Juli dan 17 Agustus 2023.

BACA JUGA:Viral Bulan Bintang Terlihat Berdampingan, Ini Penjelasan Fenomena Astronomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: