Loka POM Belitung Periksa Sampel Jajanan Takjil, Hasilnya Negatif Bahan Berbahaya

Loka POM Belitung Periksa Sampel Jajanan Takjil, Hasilnya Negatif Bahan Berbahaya

Petugas Loka POM Belitung saat mengambil sampel sampel jajanan takjil yang dijual di wilayah Kecamatan Manggar, Selasa (28/3/2023)-Ist-

MANGGAR, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Loka POM Kabupaten Belitung melakukan pemeriksaan sampel jajanan takjil yang dijual di wilayah Kecamatan Manggar dan sekitarnya, Selasa (28/3/2023).

Pemeriksaan sampel jajanan takjil wilayah Kecamatan Manggar dalam rangka pengawasan keamanan konsumsi pangan pada bulan Ramadan hingga memasuki Idul Fitri 1444 Hijriah.

Pengawas Farmasi dan Makanan Ahli Muda, Loka POM Kabupaten Belitung, Dyah Antuni mengatakan pemeriksaan dan pengawasan takjil menggunakan metode test kit.

"Hari ini kami fokuskan untuk pengawasan makanan takjil buka puasa. Kami tadi mengambil sampel dari Simpang Renggiang kemudian di seputaran Manggar ada beberapa tempat yang kami ambil," ujar Dyah.

BACA JUGA:Safari Ramadan Pemkab Beltim Dimulai, Bupati Larang ASN Bukber

BACA JUGA:THR Wajib Dibayar Penuh dan Tidak Boleh Dicicil, Paling Lambat 7 Hari Sebelum Lebaran

Mengingat banyaknya penjual takjil, petugas Loka POM Belitung mengambil sebanyak 40 sampel untuk kemudian dilakukan pengujian deteksi bahan berbahaya.

"Jenisnya ada borax, formalin dan pewarnaan non makanan atau pewarna textil yang sering disalahgunakan rodamin dan metanilzero," jelasnya.

"Alhamdulillah semuanya dari 40 sample yang kami uji, negatif dari bahan berbahaya tersebut," sambung Dyah.

Selain di wilayah Kecamatan Manggar, Loka POM Kabupaten Belitung juga berkegiatan serupa di wilayah Damar, Kelapa Kampit dan Gantung. 

BACA JUGA:Pabrikan Tiongkok Gempur Indonesia, Produsen Mainan Lokal Sulit Bersaing

BACA JUGA:Buruan, 7 Instansi Ini Buka Pendaftaran CPNS 2023, Ribuan Formasi Tersedia

"Di seluruh Kecamatan kami usahakan akan kami uji untuk di selanjutnya. Wilayah Manggar dan Simpang Renggiang aman dari empat bahan berbahaya tersebut," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: