Keputusan FIFA, Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Keputusan FIFA, Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Ketum PSSI Erick Thohir dengan President FIFA Gianni Infantino-Ist-

JAKARTA, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Keputusan FIFA sudah bulat, Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2023.

Keputusan President FIFA Gianni Infantino membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 usai bertemu Ketum PSSI Erick Thohir, Rabu (29/3/2023).

Pengumuman pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 melalui rilis resmi yang dipublish melalui situs FIFA.

"FIFA telah mengumutuskan, berdasarkan kondisi terkini, untuk mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah," demikian bunyi rilis FIFA tersebut.

Selanjutnya, untuk tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pengganti Indonesia akan diumumkan FIFA dalam waktu dekat.

BACA JUGA:Kabar Gembira, THR ASN 2023 akan Bertambah Hingga 50 Persen

Sementara terkait sanksi kepada PSSI, FIFA mengatakan akan diputuskan kemudian. Sisi lain, FIFA menyatakan komitmen akan melakukan transformasi sepak bola Indonesia. 

Hal itu sebagaimana telah diucapkan sebelumnya saat pertemuan Gianni dengan Jokowi dalam kesempatan pasca kerusuhan Kanjuruhan, Oktober 2022 lalu.

Indonesia awalnya telah ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 nanti. Namun, banyak penolakan terkait dengan Timnas Israel yang turut bermain dalam perhelatan tersebut.

Penolakan itu datang tidak hanya dari masyarakat, tapi juga kepala daerah. Seperti Gubernur Bali I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tenga Ganjar Pranowo ikut menolak.

BACA JUGA:Penyalahgunaan Narkoba, Nizar Didakwa JPU Kejari Belitung Didakwa Pasal Berlapis

Pasca penolakan dari Gubernur Bali, FIFA kemudian membatalkan drawing yang disusul membatalkan Indonesia sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20.

Hal ini membuat FIFA berpikir untuk mengambil keputusan tegas dan memberikan potensi sanksi terhadap PSSI.

Keputusan ini merupakan pukulan telak bagi sepak bola Indonesia, terutama bagi skuad Indonesia U-20 yang sudah sangat mengharapkan bisa tampil di ajang sekelas ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: disway.id