Mau Jadi PNS, Buruan Daftar Sekolah Tinggi Kedinasan Kemenkumham, Gratis!

Mau Jadi PNS, Buruan Daftar Sekolah Tinggi Kedinasan Kemenkumham, Gratis!

Kemenkumham RI buka pendaftaran calon taruna/taruni Poltekim dan Poltekip Tahun 2023-Ist-

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI buka pendaftaran calon taruna/taruni Politeknik Imigrasi (Poltekim) dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Tahun 2023.

Pendaftaran calon Taruna-taruni Poltekim dan Poltekip Kemenkumham, tentut menjadi Kabar bahagia bagi para siswa-siswi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan gratis di Sekolah Tinggi Kedinasan

Pasalnya, tahun ajaran 2022/2023 akan segera berakhir. Para siswa-siswi pendidikan tingkat akhir SLTA sederajat pastinya sedang mempertimbangkan untuk memilih calon perguruan tinggi ataupun sekolah kedinasan idaman untuk melanjutkan pendidikan. 

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan, Kemenkumham Bangka Belitung (Babel), Suyatno mengatakan, saat ini pendaftaran calon Taruna-Taruni untuk Sekolah Kedinasan di lingkungan Kemenkumham telah dibuka.

Hal tersebut tertuang dalam surat pengumuman Sekretaris Jenderal Kemenkumham Nomor SEK.KP.02.04-185 yang diterbitkan pada 28 Maret 2023. Kemenkumham akan menerima 525 taruna/taruni.

BACA JUGA:Jadi Tempat Penelitian, Profesor Akita University Jepang Kagum dengan SMAN 1 Manggar

“Berdasarkan surat pengumuman dari Sekjen, Kemenkumham akan menerima 525 taruna/taruni yang terdiri dari Formasi Sekolah Kedinasan Poltekim sejumlah 300 Taruna/Taruni dan Formasi Sekolah Kedinasan Poltekip sejumlah 225 Taruna/Taruni. Para pelamar adalah lulusan SLTA atau sederajat yang memenuhi kualifikasi persyaratan," kata Suyatno kepada Belitong Ekspres, Rabu (29/3/2023).

Menurut Suyatno, tahapan pendaftaran dan unggah dokumen akan dimulai pada 1-30 April 2023. Pelamar umum bisa mendaftar melalui portal https://catar.kemenkumham.go.id.

Seluruh pelamar akan melalui beberapa tahapan pendaftaran yaitu: seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, tes seleksi lanjutan yang meliputi psikotes, kesehatan, kesamaptaan, wawancara dan pengamatan fisik serta keterampilan.

Selain itu Poltekim dan Poltekip merupakan pendidikan sekolah kedinasan Diploma IV dengan program kuliah selama 4 (empat) tahun setara dengan Strata 1 (S-1). 

BACA JUGA:JPU Kejari Tetap Kukuh Pada Tuntutan Terdakwa Penganiayaan Maut di THM Sari Laut

"Poltekim dan Poltekip berada di bawah Kemenkumham yang dalam pelaksanaan pendidikan, mulai dari pendaftaran, kuliah, sampai kelulusannya tidak dipungut biaya apapun," ujar Yatno sapaan karib Suyatno.

Yatno melanjutkan, lulusan Poltekim dan Poltekip nantinya akan diangkat menjadi PNS dan ditempatkan di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Para pelamar calon Taruna atau Taruni juga dapat memantau akun media sosial Instagram @catar.kemenkumham dan Twitter @catarkumham sebagai sebagai sarana penyampaian informasi seputar tahapan seleksi penerimaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: