Pj Gubernur Babel Beraksi! Sidak Tiga Pasar Saat Ramadan, Ini Hasilnya

Pj Gubernur Babel Beraksi! Sidak Tiga Pasar Saat Ramadan, Ini Hasilnya

Pj Gubernur Babel Suganda Pandapotan Pasaribu saat di kawasan Pasar Kota Pangkalpinang, Minggu (2/4/2023)-Ist-

PANGKALPINANG, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Suganda Pandapotan Pasaribu, langsung beraksi setelah tiba di daerah tersebut. 

Pada hari Minggu (2/4/2023), Pj Gubernur Suganda melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di tiga pasar, yaitu Pasar Pagi, Pasar Pembangunan, dan Pasar Ikan Induk di Kota Pangkalpinang.

Tujuan dari inspeksi tersebut adalah untuk mengetahui harga bahan pokok yang beredar di pasaran serta memastikan stok pangan terkendali selama bulan Ramadan tahun 1444 Hijriah. 

Pj Gubernur Suganda didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Tarmin, Plt Kasatpol PP Rinaldy, Karo Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Babel Ahmad Yani, beserta jajarannya.

Dalam kegiatan inspeksi perdana tersebut, Pj Gubernur Suganda mengatakan bahwa pihaknya akan melaksanakan inspeksi ke pasar-pasar selama bulan Ramadan. 

Tujuannya adalah untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok sembako menjelang Lebaran. Pj Gubernur Suganda juga menegaskan bahwa mereka bersama pihak kepolisian akan menindak tegas para pedagang yang melakukan penimbunan sembako sehingga merugikan masyarakat.

BACA JUGA:Bazar Ramadan Endek Street Market 2023: Meriahnya Ramadan di Tanjungpandan

Hasil kunjungan di tiga pasar tersebut menunjukkan bahwa harga dan stok sembako relatif terkendali dan stabil. Pj Gubernur Suganda mengapresiasi para pemangku kebijakan serta para pedagang yang telah bahu-membahu menjaga angka inflasi sembako yang rendah.

"Kenaikan beberapa harga sembako masih dalam kategori wajar karena masih terjangkau oleh daya beli masyarakat. Hal ini harus kita pertahankan secara optimal agar dapat menjamin kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung," ujar Suganda.

Ia juga memastikan secara langsung kepada masyarakat jika saat ini tidak ada keluhan terkait kenaikan harga sembako yang signifikan. 

Pada kunjungan itu, diketahui beberapa harga sembako seperti cabai Rp40.000/kg, bawang merah Rp30.000/kg, telur Rp1.900/butir, beras medium Rp117.000/10kg, daging Rp140.000/kg.

“Saya rasa harga masih terkendali. Jika kita merujuk pada data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga di lapangan sudah sesuai. Aman ya ibu," katanya Pj Gubernur.

Selain memantau harga dan stok sembako, Pj Gubernur Suganda juga menyoroti urgensi penataan manajemen pengelolaan pasar di wilayah Kota Pangkalpinang. 

BACA JUGA:Seminggu 2 Kali 'Perang Sarung', Libatkan Belasan Remaja, Polsek Tanjungpandan Lakukan Pencegahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: