Geger, 20 Mortir Aktif Sisa Kapal Perang Dunia II Ditemukan di Belitung

Geger, 20 Mortir Aktif Sisa Kapal Perang Dunia II Ditemukan di Belitung

Penemuan 20 buah mortir yang diduga masih aktif di sebuah tempat pengepul barang bekas di jala Pasir Putih, Desa Air Raya, Tanjungpandan, Belitung, Sabtu (8/4/2023) malam. (ANTARA/ Apriliansyah)--

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Bikin geger, 20 buah mortir diduga sisa kapal perang dunia II ditemukan di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

20 mortir sisa perang dunia II yang juga diduga masih aktif ditemukan di tempat pengepul barang bekas di jalan Pasir Putih, Desa Air Raya, Kabupaten Belitung, Sabtu (8/4/2023) malam.

Komandan Kompi Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda, Iptu Yudi Firmansyah mengatakan, mortir ini diduga berasal dari sisa kapal Perang Dunia II yang tenggelam di wilayah perairan Pulau Belitung.

Iptu Yudi Firmansyah juga meyakini  20 buah mortir tersebut masih dalam keadaan aktif. "Kami meyakini mortir ini dalam keadaan aktif," kata dia dikutif dari Antara Babel.

BACA JUGA:Daftar Nama 80 Calon Komisioner KPU 4 Kabupaten Berhak Ikut Tes Kesehatan dan Wawancara

BACA JUGA:6 Cara Membuka Gembok Tanpa Kunci, Tapi Jangan Disalahgunakan

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau bagi masyarakat yang menemukan mortir sisa perang dunia II di laut jangan diangkat, karena dinilai akan membahayakan.

Saat ini Personel Batalyon B Satbrimob Polda Babel memasang garis polisi dan melakukan penjagaan di lokasi penemuan 20 mortir tersebut. Untuk selanjutnya mortir ini akan segera dievakuasi.

"Untuk sementara mortir ini akan kami amankan terlebih dahulu bersama Polres Belitung, karena ini dalam lingkungan masyarakat jadi kami mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," tukasnya.

Iptu Yudi Firmansyah juga mengimbau agar masyarakat tidak mendekat ke lokasi tempat penemuan mortir tersebut.

BACA JUGA:Pengumuman Kelulusan PPPK Guru 2022 Pascasanggah, Jangan Kanget Nama Tidak Masuk Daftar

BACA JUGA:Cek di Sini, Tarif Tiket Penumpang dan Kendaraan Kapal Pelabuhan Sadai - Tanjung Ru

"Kami minta masyarakat tidak datang ke lokasi ini karena ini daerah berbahaya sebab ada penemuan mortir yang diduga aktif," ujarnya.

Ditemukan di Perairan Sumedang Membalong

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: antara babel