20 Mortir Aktif Sisa Perang Dunia II Diangkat Penyelam Dari Dasar Laut Pulau Sumedang

20 Mortir Aktif Sisa Perang Dunia II Diangkat Penyelam Dari Dasar Laut Pulau Sumedang

Personel Batalyon B Satbrimob Polda Babel melakukan evakuasi terhadap 20 buah mortir sisa peninggalan Perang Dunia II yang masih aktif menuju ke Mako Brimob setempat, Minggu (9/4) sore-- (ANTARA/ Apriliansyah)

20 Mortir Aktif Sisa PD II Diangkat Penyelam Dari Dasar Laut Pulau Sumedang, Bakal Diledakkan Satbrimob Polda Babel.

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Penemuan 20 buah mortir diduga sisa kapal perang dunia (PD) II di Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, membuat heboh.

Puluhan peluru mortir diduga masih aktif itu ditemukan di tempat pengepul barang bekas di jalan Pasir Putih, Desa Air Raya, Tanjungpandan, Sabtu (8/4) malam.

Komandan Kompi Batalyon B Pelopor Satbrimob Polda Babel), Iptu Yudi Firmansyah mengatakan, mortir ini diduga berasal dari sisa kapal (PD) II yang tenggelam di wilayah perairan Pulau Belitung.

Iptu Yudi Firmansyah juga meyakini 20 buah mortir tersebut masih dalam keadaan aktif. "Kami meyakini mortir ini dalam keadaan aktif," kata dia dikutif dari Antara Babel.

Masyarakat juga dihimbau tidak mendekat ke lokasi tempat penemuan mortir tersebut. "Kami minta masyarakat tidak datang ke lokasi ini karena ini daerah berbahaya, sebab ada penemuan mortir yang diduga aktif," pintanya.

Selain itu, pihaknya mengimbau bagi masyarakat nelayan Belitung yang menemukan mortir sisa perang dunia II di laut jangan diangkat karena dinilai akan membahayakan.

BACA JUGA:Daftar Gaji PPPK Guru, Tertinggi Rp 6,7 Juta Ditambah Tunjangan

BACA JUGA:Lagi Viral, Ida Dayak Akhirnya Dibantu Keponakan, Sosoknya Bikin Pangling

"Kami juga sudah memasang garis polisi di lokasi pengepul barang bekas yang diketahui ada puluhan mortir aktif agar masyarakat tidak mendekati," kata Yudi.

Ia pun kembali mengimbau para nelayan jika menemukan mortir aktif di laut untuk tidak langsung diangkat. Sebab, peluru itu diduga dapat meledak kalau tidak profesional saat pengangkatan.

Saat ini Personel Batalyon B Satbrimob Polda Babel memasang garis polisi dan melakukan penjagaan di lokasi penemuan 20 mortir tersebut. Untuk selanjutnya mortir ini akan segera dievakuasi.

"Untuk sementara mortir ini akan kami amankan terlebih dahulu bersama Polres Belitung, karena ini dalam lingkungan masyarakat jadi kami mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," tukasnya.

Mortir Bakal Diledakkan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: