SMANSA Peduli 2023, OSIS dan ROHIS SMAN 1 Manggar Sinergi Adakan Bazar Amal Ramadan

SMANSA Peduli 2023, OSIS dan ROHIS SMAN 1 Manggar Sinergi Adakan Bazar Amal Ramadan

Kepala SMAN 1 Manggar Sabarudin menyerahkan bantuan sembako di acara Bazar Amal Ramadan SMANSA 2023-Ist-

MANGGAR, BELITONGEKSPRES.CO.ID- SMAN 1 Manggar mengadakan Bazar Amal Ramadan SMANSA Peduli tahun 2023. Kegiatan rutin dilakukan setiap bulan Ramadan yang merupakan hasil sinergi OSIS dan ROHIS. 

Tujuan kegiatan bazar amal SMAN yang mulai Selasa (11/4/2023) hingga Rabu (12/4/2023), tidak lain adalah untuk menjadikan bulan suci Ramadan sebagai ajang saling berbagi kepada sesama. 

Tidak hanya itu, kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa kepedulian sesama masyarakat serta menumbuhkan kesadaran bahwa masih banyak orang yang masih memerlukan bantuan.

Kali ini terdapat dua sub kegiatan yang digelar. Yaitu bazar Ramadan dan bazar amal dalam SMANSA Peduli tahun 2023. bazar Ramadan dilakukan guna menumbuhkembangkan kreativitas dan jiwa wirausaha peserta didik. 

Dalam kegiatan ini, peserta didik belajar berwirausaha melalui berjualan takjil untuk berbuka puasa. Harapannya mereka dapat belajar bagaimana mengelolah suatu barang agar dapat bernilai jual tentunya dengan harga yang sesuai. 

BACA JUGA:SMAN 1 Manggar Sukses Selenggarakan Festival Journey SMONE4U in Ramadhan 2023

Kemudian sub kegiatan lainnya adalah bazar amal. Dalam hal ini peserta didik bertindak sebagai pengumpul dan penyalur donasi dari masyarakat sekitar. 

Lewat sinergi yang baik, OSIS dan ROHIS saling bahu membahu untuk mengumpulkan sumbangan dari masyarakat umum (open donasi). Terdapat dua cara yang dilakukan panitia untuk mengumpulkan donasi tersebut. 

Cara pertama adalah dengan membuka rekening donasi dan cara kedua adalah dengan terjun ke lapangan dengan sistem door to door ke masyarakat desa. 

Sumbangan (donasi) yang dikumpulkan oleh OSIS dan ROHIS ini dimulai secara terbuka dari awal Ramadan (20/3/2023) sampai tanggal (10/4/2023). Pada rentang waktu tersebut, OSIS dan ROHIS SMAN 1 Manggar menerima sumbangan (donasi) sebelum disalurkan kepada masyarakat.

Tidak hanya dalam bentuk uang, tim OSIS dan ROHIS SMAN 1 Manggar juga menerima donasi berupa sembako dan baju layak pakai. Dalam bazar amal yang digelar dua hari tersebut, sembako dan baju layak pakai langsung dibagikan dengan ketentuan. 

BACA JUGA:Lewat Alat Pakan Otomatis, Tim SMAN 1 Manggar Juara Kompetisi TTG Beltim 2023

Artinya untuk satu paket sembako dengan isi beras, minyal goreng, gula pasir, susu kental manis, dan mie instan, penerima kupon hanya diminta membayarkan Rp. 10.000.

Kemudian untuk baju layak pakai, pengunjung bazar yang kurang mampu dapat mengambil secara gratis. Adapun hasil penjulan sembako tersebut akan dikumpulkan dan dibagikan kembali kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: sman 1 manggar