Lanjutan Praperadilan SP3 Dugaan Tipikor Bank BUMN, Saksi Penyidik Bela Bank Mandiri

Lanjutan Praperadilan SP3 Dugaan Tipikor Bank BUMN, Saksi Penyidik Bela Bank Mandiri

Sidang gugatan praperadilan di hari ketiga atas SP3 dugaan Tipikor KMK Bank Mandiri Pengadilan Negeri Pangkalpinang--

PANGKALPINANG, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Lanjutan sidang gugatan praperadilan atas Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) dugaan Tipikor KMK Bank Mandiri Nomor PRINT-190/L.9/Fd.1/03/2022, digelar Rabu (12/4/2023).

Lanjutan sidang gugatan praperadilan atas SP3 dugaan Tipikor KMK Bank Mandiri Nomor PRINT-190/L.9/Fd.1/03/2022, digelar Rabu (12/4/2023).

Pihak pemohon perkumpulan civitas akademika lintas perguruan tinggi Indonesia (Puncak Tertinggi) dinahkodai Dr Marshal Imar Pratama melawan termohon Kejaksaan Tinggi Bangka Belitung (Babel).             

Sidang yang diketuai hakim tunggal Pengadilan Negeri Pangkalpinang Sulistiyanto beragenda pemeriksaan saksi dugaan Tipikor Bank BUMN ini. Jaksa termohon menghadirkan 2 saksi penyidik kasus yakni Himawan dan Aulia Perdana. 

Himawan sendiri merupakan kasi penyidikan di Pidsus Kejati Babel. Dalam kesaksiannya ia mengungkap dengan gamblang kalau CV Sinar Pagi dengan Direktur Sugianto als Aloy adalah bergerak di bidang toko klontong, toko bangunan hingga pasir timah. 

BACA JUGA:Praperadilan SP3 Dugaan Tipikor Bank Mandiri Makin Seru, Kasus BRI dan Mandiri Beda, Pelakunya Sama?

Himawan juga menyebut kalau salah satu usaha Aloy toko bangunan masih aktif sampai saat ini. “Toko jual beli alat bangunan yang masih aktif di Jebus sana. Tapi bukan Sinar Pagi namanya, saya lupa,” kata Himawan saat dicecar soal eksistensi CV Sinar Pagi.

Namun sayang walau telah penyidikan saat itu, Himawan tak merinci jelas soal di mana keberadaan kantor CV Sinar Pagi itu sendiri. Dia mengaku hanya memperoleh informasi-informasi seputar CV Sinar Pagi sebatas pada akta CV dan laporan dari pihak Bank Mandiri. 

Terutama dari memori RM (relationship manager) atau bagian marketing. “Dari informasinya, RM usahanya banyak di Jebus dan Pangkalpinang. Karena RM yang turun langsung ke lapangan,” ujar Himawan.

Terungkap dalam persidangan praperadilan kemarin ternyata Aloy hanya mampu mengangsur kredit senilai Rp 6 milyar saja dari total kredit Rp 25 miliar. Kekurangan yang ada akhirnya menjadi kredit macet itu.

BACA JUGA:Jawaban Gugatan Praperadilan SP3 Dugaan Tipikor Bank Mandiri, Jaksa Janjikan Ini

Menyinggung soal agunan Aloy dalam kredit dikatakan Himawan sebanyak 41 buah. Mayoritas  terdiri dari aset berupa tanah.  Adapun aset itu sebanyak 47 SHM. Adapun nama-nama SHM itu Aloy dan istri yakni Rika Safitri. Aset-aset itu diklaim Himawan tidak fiktif. “Semua barangnya ada,” sebutnya enteng.

Namun lagi-lagi atas keberadaan aset itu -walau penyidikan- tapi ternyata tak dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Juga lagi-lagi pemeriksaan yang dilakukan penyidik hanya berdasar sampling saja. 

Mirisnya sampling itu pun hanya sebatas berdasar memori RM dan KJPP (Kantor Jasa Penilai Publik). “Dari pemeriksaan sampling saja atas aset-aset itu masuk akal nilainya Rp 25 miliar,” sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: