20 Mortir Sisa Perang Dunia II di Belitung Berhasil Diledakkan Satbrimob Polda Babel

20 Mortir Sisa Perang Dunia II di Belitung Berhasil Diledakkan Satbrimob Polda Babel

Personel Satbrimob Polda Babel berhasil meledakkan 20 mortir aktif sisa kapa Perang Dunia II yang ditemukan tempat pengepul barang bekas di jalan Pasir Putih, Desa Air Raya, Tanjungpandan, Belitung--(ANTARA/ Apriliansyah)

BELITONGEKSPRES.CO.ID - Sebanyak 20 mortir aktif sisa Perang Dunia II yang ditemukan di Belitung berhasil diledakkan Satuan Brimob (Satbrimob) Polda Bangka Belitung (Babel).

Sebelumnya, 20 mortir aktif sisa Perang Dunia II itu ditemukan di sebuah tempat pengepul barang bekas jalan Pasir Putih, Desa Air Raya, Tanjungpandan, Sabtu malam (8/4/2023).

Dilansir dari Antara, keberhasilan peledakan mortir aktif tersebut disampaikan dalam konferensi pers di Mako Batalyon B Satbrimob Polda Babel, Desa Cerucuk, Kecamatan Badau, Kamis (13/4/2023).

"Bisa di lihat (teman-teman wartawan) di depan ada tiga sisa mortir yang sudah kami disposal atau ledakkan," kata Komandan Kompi I Batalyon B Satbrimob Polda Babel, Iptu Yudi Firmansyah dalam konferensi pers tersebut.

BACA JUGA:20 Mortir Aktif Sisa Perang Dunia II Diangkat Penyelam Dari Dasar Laut Pulau Sumedang

BACA JUGA:Geger, 20 Mortir Aktif Sisa Kapal Perang Dunia II Ditemukan di Belitung

Hadir juga dalam konferensi pers, Wadanki I Batalyon B Satbrimob Polda Babel, Ipda Okta F, Dantim Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Babel, Ipda Muhammad Ibnu Rifli, dan Panit II  Subdit II Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Babel, Bripka Suliting.

Iptu Yudi Firmansyah menyebutkan, sebanyak 20 mortir sisa PD II tersebut seluruhnya masih dalam keadaan aktif. "Seluruh mortir dalam keadaan aktif dan sudah kami disposal atau ledakkan," ujarnya.

Kedepan Iptu Yudi mengimbau apabila masyarakat atau nelayan menemukan mortir sisa PD II agar tidak diangkat ke daratan. Sebab, itu dikhawatirkan membahayakan khalayak ramai apabila tidak ditangani secara profesional.

"Biarkan benda tersebut di lautan jangan diangkat, biarkan korosi dan hilang fungsi dengan sendiri," sebut Iptu Yudi.

BACA JUGA:Kapal Express Bahari Tanjungpandan - Pangkalbalam Beroperasi Setiap Hari, Mulai H-7 Lebaran

BACA JUGA:Lanjutan Praperadilan SP3 Dugaan Tipikor Bank BUMN, Saksi Penyidik Bela Bank Mandiri

Sementara itu, Komandan Tim Jibom Detasemen Gegana Satbrimob Polda Babel, Ipda Muhammad Ibnu Rifli bersyukur 20 mortir kapal sisa PD II yang diketahui masih aktif tersebut sudah berhasil diledakkan.

"Alhamdulillah atas berkat dan ridho Allah SWT kemarin dua hari berjalan dengan lancar dan semuanya sudah kami ledakkan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: