Lebaran Idul Fitri 2023, PCNU Belitung Ikut Pemerintah

Lebaran Idul Fitri 2023, PCNU Belitung Ikut Pemerintah

Kemenag Kabupaten Belitung saat melakukan pemantauan hilal di Pantai Tanjungpendam-(Dok/BE)-

TANJUNGPANDAN, BELITONGEKSPRES.CO.ID - Pengurus Cabang Nadhlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Belitung akan mengikuti pemerintah, dalam melaksanakan perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah.

Untuk mengetahui penetapan 1 Syawal 1444 Hijriah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung, akan menggelar Rukyatul Hilal di Pantai Tanjungpandan pekan ini.

Kepala Kemenag Kabupaten Belitung Drs H Masdar Nawawi mengatakan, saat ini Muhammadiyah sudah menetapkan hari raya Idul Fitri pada hari Jumat (21/4) mendatang.

Namun untuk pemerintah dan Nadhlatul Ulama (NU) masih menunggu sidang isbat dan pemantauan hilal yang akan dilaksanakan, Kamis (20/4) di sejumlah titik lokasi

"Termasuk pemantauan di Belitung. Untuk di Belitung lokasinya masih sama di Pantai Tanjungpendam. Hari Senin kita akan mulai persiapan," kata Masdar kepada Belitong Ekspres, Minggu (16/4/2023).

BACA JUGA:Agenda Rutin, Hanura Beltim Manfaatkan Momentum Ramadan Berbagi dengan Anak Panti Asuhan

BACA JUGA:Perpusda Libur Lebaran, Baca Buku Bisa Akses I-Belitung

Dia menjelaskan, dalam pemantauan Rukyatul Hilal di Pantai Tanjungpendam nanti, Kemenang Belitung akan menggunakan alat eperti teropong teleskop dan juga alat teodolite.

"Alat tersebut sama seperti pada saat melakukan pemantauan Hilal menjelang Bulan Ramadan," pungkas Masdar.

Sementara itu, Sekertaris Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Belitung Ahmad Fikri Maulidi mengatakan, Nadhlatul Ulama tetap mengikuti pemerintah dalam penetapan Idul Fitri nanti.

"Untuk Pemantau Hilal nanti, dari Ansor dan NU akan kita kawal. Apapun keputusan dari pemerintah akan kita ikuti," kata pria yang akrab disapa Gus Fikri ini.

Dia mengingatkan kepada masyarakat muslim di Belitung untuk segera membayar zakat sebelum hari raya Idul Fitri. "Untuk masyarakat Nahdliyin Belitung, bisa membayar zakat ke Lazisnu Belitung," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: